POLA PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DI MADRASAH TSANAWIYAH KABUPATEN KUDUS TAHUN 2016

SULICHAN, SULICHAN (2016) POLA PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DI MADRASAH TSANAWIYAH KABUPATEN KUDUS TAHUN 2016. Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. SULICHAN BAB 01.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. SULICHAN BAB 02.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. SULICHAN BAB 03.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. SULICHAN BAB 04.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. SULICHAN BAB 05.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. SULICHAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pola Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Madrasah di Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Kudus Tahun 2016. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah di Madrasah Tsanawiyah Kudus, terdiri dari kepala MTs NU Matholi’ul Huda, MTs NU Mu’allimat dan MTs NU Nahdlatul Athfal. Informan dalam penelitian ini adalah wakil kepala madrasah, guru, pengawas madrasah dan karyawan MTs di Kabupaten Kudus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode: observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian: 1) Perencanaan supervisi akademik oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Kudus terhadap guru sangat baik. Hal ini terbukti adanya rencana dan strategi supervisi akademik yang telah disusun oleh kepala madrasah bersama wakil kepala dan seluruh komponen guru dalam membuat atau menyusun program supervisi, melaksanakan supervisi dan menindaklanjuti hasil supervisi, 2) Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Kudus terhadap Guru sangat baik. Hal ini terbukti dengan adanya kegiatan supervisi akademik (pembelajaran) pada guru melalui kunjungan kelas, memberikan bimbingan atau pembinaan kepada para guru dan bersama-sama membicarakan permasalahan yang dihadapi guru dalam kegiatan pembelajaran guna meningkatkan tujuan pembelajaran yang lebih baik dan 3) Evaluasi Supervisi Akademik oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Kudus terhadap Guru sangat baik. Hal ini terbukti dengan adanya evaluasi supervisi akademik dapat melakukan perbaikan di bidang kurikulum, perbaikan praktik mengajar, perbaikan kualitas dan pendayagunaan materi pengajaran dan alat bantu mengajar, perkembangan personal, dan profesional guru secara umum, perbaikan hubungan madrasah dengan masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik; Kepala Madrasah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Administrasi Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Feb 2017 03:59
Last Modified: 04 Feb 2017 03:59
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/342

Actions (login required)

View Item View Item