Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati Tahun Ajaran 2020/2021

Awanti, Murtiah Siti (2020) Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER sd KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (544kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (557kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (796kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (862kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (846kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (663kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (760kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran daring pada mata pelajaran fiqih di MTs Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati tahun pelajaran 2020/2021. 2) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran fiqih di MTs Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati tahun pelajaran 2020/2021. 3) Untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran daring terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis pendekatan yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan melakukan penyebaran angket dan melakukan tes kemampuan berpikir kritis melalui google formulir pada siswa kelas IX B di MTs Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati. Sampel penelitian sebanyak 33 siswa dengan metode analisis regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS versi 16.0. Hasil penelitian dan pemaparan analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa 1) penerapan pembelajaran daring pada mata pelajaran fiqih mendapat respon positif dari siswa dengan prosentase > 60% 14. 2) Kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fiqih dengan menggunakan pembelajaran daring masuk dalam kategori tinggi dengan ketuntasan klasikal sebesar 54,5%. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran daring terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati dengan persamaan Y = 31,084+3,310X. Berdasarkan hasil koefisien determinasi pembelajaran daring memberikan kontribusi sebesar 35,3% terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di MTs Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran daring, kemampuan berpikir kritis, Fiqih.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Feb 2021 03:21
Last Modified: 04 Feb 2021 03:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3448

Actions (login required)

View Item View Item