Kholidin, Afif (2020) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK AUTIS DI SDLB SUNAN KUDUS PONDOK PESANTREN AL-ACHSANIYYAH PEDAWANG BAE KUDUS. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1 COVER s.d KATA PENGANTAR (Kecuali Abstrak).pdf Download (1MB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (231kB) |
|
Text
3 DAFTAR ISI.pdf Download (179kB) |
|
Text
4 BAB I.pdf Download (221kB) |
|
Text
5 BAB II.pdf Download (427kB) |
|
Text
5 BAB II.pdf Download (427kB) |
|
Text
6 BAB III.pdf Download (198kB) |
|
Text
6 BAB III.pdf Download (198kB) |
|
Text
7 BAB IV.pdf Download (566kB) |
|
Text
8 BAB V AFIF.pdf Download (172kB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
Abstract
Tesis ini membahas manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak autis di SDLB Sunan Kudus Pondok Pesantren al-Achsaniyyah Pedawang Bae Kudus. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pembelajaran PAI pada anak autis di SDLB Sunan Kudus, mengetahui pengorganisasian pembelajaran PAI pada anak autis di SDLB Sunan Kudus, dan mengetahui evaluasi pembelajaran PAI pada anak autis di SDLB Sunan Kudus. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan sampel sumber data. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala, wakil kepala, guru, guru terapis, dan peserta didik autis. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Tahapan pengumpulan data dilakukan melalui prosedur reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan data selesai setelah peneliti tidak menemukan data baru, kemudian peneliti membahas dan menyimpulkannya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan pembelajaran PAI pada anak autis terdiri dari penyusunan perangkat pembelajaran yang disusun setiap hari dan disesuaikan dengan karakteristik mereka, pemilihan sumber belajar yang mempertimbangkan karakteristik peserta didik autis, dan perencanaan evaluasi yang disiapkan untuk mengamati setiap perilaku peserta didik autis setiap hari untuk dilakukan tindak lanjut pada pembelajaran berikutnya. (2) Pengorganisasian pembelajaran PAI pada anak autis mencakup pengorganisasian sumber daya belajar, pengelolaan kelas yang disesuaikan dengan kondisi peserta didik autis yang sulit memperhatikan, serta kegiatan pembelajaran yang merupakan penerapan dari perangkat pembelajaran dan dilakukan berdasarkan PPI pada kelas kecil. (3) Evaluasi pembelajaran PAI pada anak autis dilakukan dengan cara melaksanakan evaluasi proses selama pembelajaran berlangsung dan evaluasi produk yang dilakukan setiap saat dengan memberikan nilai dalam bentuk catatan deskriptif sehingga dapat digunakan sebagai acuan tindak lanjut pada pembelajaran berikutnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, PAI, dan Autis |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 16 Feb 2021 02:50 |
Last Modified: | 16 Feb 2021 02:50 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3537 |
Actions (login required)
View Item |