Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Penguasaan Kosakata dalam Pembalajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III di MI Maslakul Falah Jekulo Kudus

Aristi, Rizqia Nur (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Penguasaan Kosakata dalam Pembalajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III di MI Maslakul Falah Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. cover - kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (142kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (237kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (380kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (526kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (581kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (605kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (295kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (359kB)

Abstract

Kosakata atau perbendaharaan kata yang dimiliki siswa akan membantu siswa dalam memproses kognitif siswa. Siswa akan lebih mudah memperoleh pemahaman sehingga siswa dapat mengutarakan pemahaman yang didapatkan dalam lisan dan tulisan dengan baik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui (1) pembelajaran penguasaan kosakata sebelum menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) siswa kelas III di MI Maslakul Falah Jekulo Kudus. (2) pembelajaran penguasaan kosakata setelah menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) (3) pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa kelas III. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan bentuk penelitian quasi eksperimen design dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Respondennya adalah siswa kelas III MI Maslakul Falah Jekulo Kudus dengan jumlah siswa adalah 20 orang. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) siswa kelas III adalah dengan menggunakan metode ceramah. Metode tersebut cenderung membosankan bagi siswa, (2) pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dimana merupakan pembelajaran yang tidak hanya berpusat pada guru namun juga melibatkan siswa untuk aktif selama proses pembelajaran, bekerjasama dengan kelompok, dan bertanggung jawab untuk dirinya sendiri dan kelompoknya. (3) pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) berpengaruh terhadap penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa kelas III

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Kosakata, model Inside Outside Circle (IOC), siswa kelas III
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Feb 2021 04:13
Last Modified: 17 Feb 2021 04:13
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3554

Actions (login required)

View Item View Item