Peran Kepala Madrasah Sebagai Motivator dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di MI NU Nurul Huda Kaliwungu Kudus

Muafa, Farid (2020) Peran Kepala Madrasah Sebagai Motivator dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di MI NU Nurul Huda Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (98kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (47kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (342kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (204kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (224kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (461kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (120kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini Pertama,untuk mengetahui peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MI NU Nurul Huda Kudus. Kedua, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MI NU Nurul Huda Kudus Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penilitian ini diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Sebyek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas VI MI NU Nurul Huda Kaliwungu Kudus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisi dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan objek keabsahan datanya menggunakan cara yakni uji kredibilitas dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Peran Kepala MI NU Nurul Huda Kaliwungu Kudus sebagai motivator dalam meningkatan kompetensi pedagogik guru adalah: membangkitkan dewan guru dan pegawai sekolah dalam menjalankan tugasnya dengan baik; mengembangkan, mencari, dan menggunakan metode mengajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku; Membina kerja sama yang baik antar guru dan pegawai sekolah lainnya; berusaha mempertinggi mutu dan pengetahuan guru dan pegawai sekolah, antara lain mengadakan rapat evaluasi dan mendelegasikan para guru mingukuti seminar dan pelatihan-pelatihan sesuai dengan bidangnya masing- masing; membina hubungan kerja sama antara madrasah dengan komite madrasah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan para siswa. Faktor pendukung peran Kepala Madrasah sebagai Motivator dalam Meningkatan kompetensi pedagogik guru di MI NU Nurul Huda Kaliwungu Kudus yaitu: adanya sistem kebijakan dan kedisplinan guru yang telah ditetapkan oleh kepala madrasah; adanya komitmen yang kuat dari kepala madrasah untuk memajukan sekolah; meningkankan kedisiplinan dan kinerja guru; meningkatkan kedisiplinan peserta didik dan meningkatkan mutu sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: kurangnya sikap kedisiplinan waktu ketika proses belajar mengajar, dan kurangnya dukungan dana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah sebagai motivator, Kompetensi pedagogik
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Apr 2021 01:27
Last Modified: 01 Apr 2021 01:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3764

Actions (login required)

View Item View Item