Strategi Dakwah dalam Program Acara Talkshow Ramadhan (TUMAN) Top Up Iman Simpang 5 TV 2019

Mun’imah, Lathifatul (2020) Strategi Dakwah dalam Program Acara Talkshow Ramadhan (TUMAN) Top Up Iman Simpang 5 TV 2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAKSI.pdf

Download (382kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (345kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (587kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (656kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (360kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (587kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (332kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (568kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga pokok tujuan sebagai berikut, 1) Mengetahui program acara talkshow Ramadhan (TUMAN) Top Up Iman Simpang 5 TV 2019; 2) Mengetahui strategi dakwah dalam program acara talkshow Ramadhan (TUMAN) Top Up Iman Simpang 5 TV 2019; 3) Mengetahui kelebihan dan kekurangan program acara talkshow Ramadhan (TUMAN) Top Up Iman Simpang 5 TV 2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field reaseach). Kemudian pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan sumber datanya adalah primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data diilakukan dengan wawancara, teknik observasi, teknik dokumentasi dan teknik informan dengan purpsive sampling, jumlah informan ada 8, adapun informannya yaitu; Ganeral Manager atau produser Simpang 5 TV, crew program acara talkshow Ramadhan Tuman 2019, da’i (narasumber), dan penonton (mad’u). Uji keabsahan data yang digunakan penelitian ini yaitu triangulasi teknik, dengan merechek temuan data membandingkan berbagai sumber, metode, dan teori. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data,data display, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Program acara talkshow Ramadhan (TUMAN) Top Up Iman Simpang 5 TV 2019 yaitu; a). Praproduksi meliputi analisis peluang dan strategi program, bauran program, perencanaan target, tujuan program, sumber program; b). Produksi meliputi organisasi departemen produksi, manajemen produksi; c). pasca produksi meliputi editing. Kedua, Strategi Dakwah dalam Program Acara Talkshow Ramadhan (TUMAN) Top Up Iman Simpang 5 TV 2019 yaitu; a). Menggunakan strategi produksi program lokal, dengan menentukan pembagian waktu siaran, strategi penayangan, program dini hari, program ramadhan; b). Strategi metode dakwah, meliputi subjek dakwah, obyek dakwah, materi dakwah, landasan dakwah; c). Strategi dakwah dilihat dari pendekatannya terdapat teori komunikasi atau strategi komunikasi dengan teori peluru dan teori use and gratification dalam mempengaruhi khalayak menonton program Ramadhan TUMAN. Ketiga, Kelebihan dan kekurangan program acara talkshow Ramadhan (TUMAN) Top Up Iman Simpang 5 TV 2019, yaitu; a). Kelebihan produksi program sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat milenial dalam siaran dakwah dikemas dengan program talkshow; b). Kekurangan yaitu keterbatasan SDM dalam memproduksi, dalam program Ramadhan TUMAN interaksi antara audien dengan narasumber sangat kurang atau bisa disebut dengan komunikasi satu arah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Dakwah, Komunikasi, Televisi.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi
300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi
300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Apr 2021 01:43
Last Modified: 06 Apr 2021 01:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3783

Actions (login required)

View Item View Item