Santoso, Intan Siska (2020) Optimalisasi Manajemen Pembelajaran PAI Berbasis Green School dalam Meningkatkan Religiusitas dan Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Nun Tanjung Karang Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1.Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (328kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (137kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (269kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (733kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (220kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (413kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (176kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (259kB) |
Abstract
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui Manajemen pembelajaran PAI berbasis green school di Pondok Pesantren Nun Tanjung Karang Kudus. 2) Untuk mengetahui hasil manajemen pembelajaran PAI berbasis green school di Pondok Pesantren Nun Tanjung Karang Kudus. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat manajemen pembelajaran PAI berbasis green school di Pondok Pesantren Nun Tanjung Karang Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Pondok Pesantren Nun Qur’an Tanjung Karang Kudus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PAI di Pondok Pesantren Nun Tanjung Karang Kudus, santri-santriwati di Pondok Pesantren Nun Tanjung Karang Kudus. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: Pertama, manajemen pembelajaran PAI berbasis green school di Pondok Pesantren Nun Tanjung Karang Kudus dilakukan di luar ruangan antara lain di lingkungan Pondok Pesantren Nun Tanjung Karang Kudus, menyesuaikan dengan tema yang dibahas, dan menyatu dengan alam. Kedua, hasil manajemen pembelajaran PAI berbasis green school di Pondok Pesantren Nun Tanjung Karang Kudus berupa pemahaman santri terkait tema pembelajaran yang diberikan,yang ditunjukkan dengan meningkatnya religiusitas dan kemandirian. Ketiga, faktor pendukung dan faktor penghambat manajemen pembelajaran PAI berbasis green school di Pondok Pesantren Nun Tanjung Karang Kudus antara lain lingkungan, kurikulum 2013 dan kurikulum khusus, serta tenaga pendidik dari lingkup pondok pesantren gontor dan pondok pesantren Arrisalah yang memiliki pengetahuan dan kualitas mengajar yang baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pembelajaran PAI, Green School, Religiusitas dan Kemandirian |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 06 Apr 2021 01:59 |
Last Modified: | 06 Apr 2021 01:59 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3786 |
Actions (login required)
View Item |