Optimalisasi Manajemen Pembelajaran PAI Berbasis Green School dalam Meningkatkan Religiusitas dan Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Nun Tanjung Karang Kudus

Santoso, Intan Siska (2020) Optimalisasi Manajemen Pembelajaran PAI Berbasis Green School dalam Meningkatkan Religiusitas dan Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Nun Tanjung Karang Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1.Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (328kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (137kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (733kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (220kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (413kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (176kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui Manajemen pembelajaran PAI berbasis green school di Pondok Pesantren Nun Tanjung Karang Kudus. 2) Untuk mengetahui hasil manajemen pembelajaran PAI berbasis green school di Pondok Pesantren Nun Tanjung Karang Kudus. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat manajemen pembelajaran PAI berbasis green school di Pondok Pesantren Nun Tanjung Karang Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Pondok Pesantren Nun Qur’an Tanjung Karang Kudus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PAI di Pondok Pesantren Nun Tanjung Karang Kudus, santri-santriwati di Pondok Pesantren Nun Tanjung Karang Kudus. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: Pertama, manajemen pembelajaran PAI berbasis green school di Pondok Pesantren Nun Tanjung Karang Kudus dilakukan di luar ruangan antara lain di lingkungan Pondok Pesantren Nun Tanjung Karang Kudus, menyesuaikan dengan tema yang dibahas, dan menyatu dengan alam. Kedua, hasil manajemen pembelajaran PAI berbasis green school di Pondok Pesantren Nun Tanjung Karang Kudus berupa pemahaman santri terkait tema pembelajaran yang diberikan,yang ditunjukkan dengan meningkatnya religiusitas dan kemandirian. Ketiga, faktor pendukung dan faktor penghambat manajemen pembelajaran PAI berbasis green school di Pondok Pesantren Nun Tanjung Karang Kudus antara lain lingkungan, kurikulum 2013 dan kurikulum khusus, serta tenaga pendidik dari lingkup pondok pesantren gontor dan pondok pesantren Arrisalah yang memiliki pengetahuan dan kualitas mengajar yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran PAI, Green School, Religiusitas dan Kemandirian
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Apr 2021 01:59
Last Modified: 06 Apr 2021 01:59
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3786

Actions (login required)

View Item View Item