Faqih, Ahmad (2020) Pengaruh Supervisi Pendidikan Orientasi Meeting For New Teacher terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam di MA Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. HLM DEPAN.pdf Download (479kB) |
|
Text
2. ABSTRCK.pdf Download (269kB) |
|
Text
03. Daftar Isi.pdf Download (295kB) |
|
Text
04. Bab I.pdf Download (663kB) |
|
Text
05. Bab II.pdf Download (924kB) |
|
Text
06. Bab III.pdf Download (643kB) |
|
Text
07. Bab IV.pdf Download (547kB) |
|
Text
08. Bab V.pdf Download (283kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (277kB) |
Abstract
Setiap pelaksanaan program pendidikan memerlukan adanya pengawasan atau supervisi. Supervisi sebagai fungsi administrasi pendidikan yaitu terpenuhinya syarat-syarat esensial yang akan menjamin tercapainya tujuan pendidikan antara lain guru yang memiliki kompetensi pedagogik yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) pelaksanaan supervisi pendidikan orientasi meeting for new teacher di MA Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. 2) kompetensi pedagodik guru Pendidikan Agama Islam di MA Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. 3) pengaruh supervisi pendidikan orientasi meeting for new teacher terhadap kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam di MA Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu peneliti terjun langsung ke lokasi penelitian. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Sampel penelitian ini adalah guru di MA Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Gebog Kudus yang berjumlah 24 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier, uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) supervisi pendidikan orientasi meeting for new teacher di MA Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Gebog Kudus tahun pelajaran 2019/2020 dalam kategori baik, guru ikut memberi motivasi terarah terhadap aktivitas mengajar guru baru. Guru membantu guru baru yang ingin memperoleh keterampilan mengajar di sekolah. 2) Kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam di MA Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Gebog Kudus tahun pelajaran 2019/2020 dalam kategori sangat baik, guru mampu mengembangkan kurikulum yang berlaku dan menerapkannya dalam penyusunan RPP. Guru mampu menguasai karakteristik peserta didik yang beragam sikap dan kepribadiannya. 3) Terdapat pengaruh supervisi pendidikan orientasi meeting for new teacher terhadap kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam di MA Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Gebog Kudus tahun pelajaran 2019/2020, berdasarkan nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (2,983>2,03452), artinya supervisi pertemuan untuk guru yang baru mampu meningkatkan kompetensi pedagogik guru yaitu guru mampu menetapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif sesuai dengan standar kompetensi guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Pendidikan Orientasi Meeting For New Teacher, Kompetensi Pedagogik Guru. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 07:09 |
Last Modified: | 23 Apr 2021 07:09 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3981 |
Actions (login required)
View Item |