Khairunnisa, Nida (2020) Efektivitas Strategi Dakwah Menggunakan Media Sosial Instagram Melalui Akun @dakwah_sibujang dalam Syiar Islam. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (187kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (601kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (465kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (501kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (377kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (314kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Dakwah dapat dilakukan melalui berbagai cara. Pada era modern saat ini, dakwah dapat dijumpai dengan mudah nya di media sosial. Salah satunya yakni yang dilakukan oleh akun @dakwah_sibujang yang mensyiarkan ajaran-ajaran Islam melalui platform media sosial instagram. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui strategi dakwah akun instagram @dakwah_sibujang dalam syiar Islam di media sosial. (2) mengetahui pesan dakwah yang digunakan akun instagram @dakwah_sibujang dalam syiar Islam di media sosial. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Peneliti menggunakan studi lapangan pada akun @dakwah_sibujang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah pengelola akun @dakwah_sibujang. Dari keseluruhan rangkaian, peneliti mendapatkan hasil sebagai berikut: 1) strategi dakwah akun @dakwah_sibujang dalam syiar Islam di media sosial dengan cara: Pertama, membuat tulisan mengenai dakwah di media sosial instagram dengan menampilkan judul yang membuat pembaca penasaran dan menarik perhatian. Kedua, membuat konten yang memuat tema mengenai semangat dalam beramal atau semangat berhijrah. Ketiga, dengan menampilkan gambar yang relevan dengan isi pesan dakwah yang disampaikan. 2) Efektivitas strategi dakwah yang digunakan oleh akun instagram @dakwah_sibujang. Dapat peneliti simpulkan bahwa dakwah yang dilakukan sangat efektif berdasarkan jumlah respon berupa like pada unggahan pesan-pesan dakwah yang dapat mencapai ribuan. Keaktifan followers dalam mengikuti konten dakwah akun instagram @dakwah_sibujang. Pemahaman dari followers akun instagram @dakwah_sibujang mengenai isi konten yang diunggah. Efek yang dirasakan setelah melihat postingan dari akun @dakwah_sibujang. Penerapan pesan-pesan dakwah oleh followers akun tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Dan cara penyampaian dakwah pada akun @dakwah_sibujang pada media sosial instagram.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Strategi Dakwah, Instagram |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 05 May 2021 03:25 |
Last Modified: | 05 May 2021 03:25 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4095 |
Actions (login required)
View Item |