Sari, Devi Mulya (2020) Pengaruh Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle (Teka-teki Silang) Terhadap Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kuryokalangan 02 Gabus Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1.Cover-Kata Pengantar.pdf Download (745kB) |
|
Text
2.Abstrak.pdf Download (181kB) |
|
Text
3.Daftar Isi.pdf Download (232kB) |
|
Text
4.BAB I.pdf Download (412kB) |
|
Text
5.BAB II.pdf Download (646kB) |
|
Text
6.BAB III.pdf Download (510kB) |
|
Text
7.BAB IV.pdf Download (614kB) |
|
Text
8.BAB V.pdf Download (212kB) |
|
Text
9.Daftar Pustaka.pdf Download (209kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle (teka-teki silang) pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN Kuryokalangan 02 Gabus Pati, untuk mengetahui keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN Kuryokalangan 02 Gabus Pati, untuk mengetahui ada/tidaknya pengaruh penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle (teka-teki silang) terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN Kuryokalangan 02 Gabus Pati. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Penulis melakukan studi lapangan di SDN Kuryokalangan 02 Gabus Pati yakni pada ruang lingkup kelas V. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu : metode observasi, metode angket, dan metode dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 44 siswa. Cara pengambilan sampelnya menggunakan teknik sampling purposive, yang terdiri dari 24 siswa. Hasil menunjukkan bahwa strategi pembelajaran crossword puzzle (teka-teki silang) tergolong tepat dalam mata pelajaran IPS kelas V SDN Kuryokalangan 02 Gabus Pati. Karena nilai rata-rata siswa sebesar 66,125 dan masuk dalam kategori “tepat”. Hal ini sesuai dengan hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 0,096. Adapun nilai ttabel dengan dk = n-1 (24-1=23) menggunakan uji pihak kiri diperoleh nilai sebesar -1,714. Berdasarkan perhitungan tersebut nilai thitung ≥ ttabel (0,096 ≥ -1,714). Jadi, strategi pembelajaran crossword puzzle (teka-teki silang) kelas V pada mata pelajaran IPS di SDN Kuryokalangan 02 Gabus Pati dalam kategori tepat. Keaktifan siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di SDN Kuryokalangan 02 Gabus Pati tergolong dalam kategori “tepat”, karena nilai rata-rata siswa adalah 70,04 dan masuk dalam kategori “tepat”. Hal ini sesuai dengan hasil uji hipotesis deskriptif yang menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 0,048. Adapun nilai ttabel dengan dk = n-1 (24-1=23) menggunakan uji pihak kiri diperoleh nilai sebesar -1,714. Berdasarkan perhitungan tersebut, nilai thitung ≥ ttabel (0,048 ≥ -1,714). Jadi, keaktifan siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di SDN Kuryokalangan 02 Gabus Pati dalam kategori tepat. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle (teka-teki silang) terhadap keaktifan siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di SDN Kuryokalangan 02 Gabus Pati sebesar 36,9% dengan persamaan regresi Y = 43,179 + 0,406X. Sedangkan nilai korelasi antara penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle (teka-teki silang) terhadap keaktifan siswa kelas V pada mata pelajaran IPS sebesar 0,608. Selain itu, dibuktikan juga dengan uji Fregresi dan uji t. Pada uji Fregresi diperoleh nilai Fhitung sebesar 12,873 dan Ftabel sebesar 3,44. Berdasarkan perhitungan tersebut, diperoleh hasil Fhitung > Ftabel (12,873 > 3,44). Sedangkan pada uji t diperoleh nilai thitung sebesar 3,588 dan ttabel sebesar 2,069. Berdasarkan perhitungan tersebut, diperoleh hasil thitung > ttabel (3,588 > 2,069). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara strategi pembelajaran crossword puzzle (teka-teki silang) terhadap keaktifan siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di SDN Kuryokalangan 02 Gabus Pati.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle (Teka-teki Silang), Keaktifan Siswa, Mata Pelajaran IPS |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 17 May 2021 07:28 |
Last Modified: | 17 May 2021 07:28 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4165 |
Actions (login required)
View Item |