Maghfiroh, Azizatul (2019) Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik di MTs Tarbiyatul Islamiyah Klakahkasihan Gembong Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (154kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (508kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (527kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (278kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (480kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (229kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (356kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik di MTs Tarbiyatul Islamiyah Klakahkasihan Gembong Pati dibuat dengan tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru melalui supervisi akademik di MTs Tarbiyatul Islamiyah Klakahkasihan Gembong Pati dan apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh Kepala Madrasah di MTs Tarbiyatul Islamiyah Klakashkasihan Gembong Pati. Karena rendahnya tingkat kinerja guru di MTs Tarbiyatul Islamiyah kepala madrasah menggunakan supervisi akademik dan diharapakan dapat meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Field research yaitu suatu penelitian dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mencari data. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap lokus penelitian di MTs Tarbiyatul Islamiyah Klakahkasihan Gembong Pati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam melaksanaan supervisi akademik meliputi tiga tahap yaitu: pertama, perencanaan yaitu kepala madrasah mengadakan rapat pada awal tahun ajaran baru untuk mempersiapkan perangkat pembelajaran dan membuat jadwal supervisi akademik. Kedua, pelaksanaan yaitu diawali dengan memeriksa kelengkapan perangkat pembelajaran kemudian melakukan kunjungan kelas, observasi kelas untuk mengetahui sejauh mana kesesuaian RPP, penguasaan materi dan penguasaan kelas guru yang disupervisi dan juga melakukan percakapan pribadi dengan tujuan untuk menyampaikan kekurangan dan kelebihan dalam mengajar. Ketiga, evaluasi yaitu tindak lanjut dari pelaksanaan supervisi akademik dimana guru yang hasil supervisinya masih banyak kekurangan diadakan pembinaan serta pelatihan untuk meningkatkan kinerja guru tersebut. Dalam pelaksanaan supervisiakademik yang dilakukan oleh kepala madrasah menggunakan teknik individual karena lebih efektif dan intesif. (2) Faktor pendorong dalam pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala madrasah di MTs Tarbiyatul Islamiyah yaitu: tersedianya sarana dan prasarana, kesiapan guru untuk disupervisi, kepala madrasah menguasai teknik-teknik supervisi akademik, dan kelengkapan perangkat pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala madrasah yaitu: guru kurang disiplin dalam hal ketetapan waktu dan juga jadwal supervisi yang telah dibuat oleh kepala madrasah berubah-ubah karena kesibukan dari kepala madrasah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan, Kinerja Guru, Supervisi Akademik |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 May 2021 04:14 |
Last Modified: | 18 May 2021 04:14 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4191 |
Actions (login required)
View Item |