Muayyanah, Alim (2019) Analisis Diversifikasi Produk Berlabel Halal Sebagai Upaya Pengembangan Produk dan Pengurangan Risiko. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (269kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (505kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (927kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (299kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (559kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (359kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (278kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan semakin menjamurnya bisnis berbasis UMKM sehingga UMKM harus meningkatkan kompetensi nilai pada produknya, salah satunya dengan strategi diversifikasi untuk mengupayakan pengembangan produk dan pengurangan risiko pada UD.Aning Snack. Tujuan penelitian ini adalah: Pertama, untuk mengetahui penerapan diversifikasi produk berlabel halal di UD.Aning Snack. Kedua, untuk mengetahui pelaksanaan diversifikasi produk berlabel halal dalam mengupayakan pengembangan produk dan pengurangan risiko. Penelitian ini termasuk jenis penelitian studi lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan instrumen penelitian berupa: observasi, wawancara dan dokumentasi. Terdapat dua sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber primer dari pemilik UD.Aning Snack, reseller dan konsumen, sedangkan sumber data sekunder yaitu buku kepustakaan dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel informan secara purposive sampling, informan atau subyek penelitian kualitatif yang peneliti wawancarai: 1) Pemilik UD. Aning Snack; 2) Reseller 3) Konsumen. Dalam penelitian ini, uji keabsahan data menggunakan trianggulasi, peranjangan penelitian dan meningkatkan ketekunan. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisa kualitatif dengan mereduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian kualitatif ini menunjukkan beberapa hal. Pertama, penerapan diversifikasi produk berlabel halal yang dilakukan di UD.Aning Snack bentuk diversifikasi konsentris secara horizontal dan vertikal sudah berjalan baik dengan menciptakan banyak jenis produk dalam satu lini produk dan pemasarannya ditujukan kepada siapa saja yang menginginkan. Kedua, penerapan diversifikasi produk berlabel halal tersebut diupayakan sebagai pengembangan produk dan pengurangan risiko, pengembangan produk dilihat dari banyaknya jenis produk baik produk baru maupun produk lama yang di inovasi menjadi fresh kembali. Dari banyaknya jenis produk tersebut sehingga risiko menjadi rata dan semakin kecil, jika satu produk dirasa sepi peminatnya maka dapat ditolong produk lain yang sedang ramai peminatnya, sehingga UD.Aning Snack tetap mampu memaksimalkan keuntungan dari penerapan strategi diversifikasi produk tersebut
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Diversifikasi Produk, Pengembangan Produk, Pengurangan Risiko |
Subjects: | 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 31 May 2021 03:36 |
Last Modified: | 31 May 2021 03:36 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4306 |
Actions (login required)
View Item |