Sukron, Achmad (2020) Etika Peserta Didik dalam BelajarTelaah Kitab Tadzkirat Al Sami’ Wa Al Mutakallim Fi Adab Al ‘Alim Wa Al Muta’allim Karya Al Imam Al Qadli Badr Al Din Muhammad Ibn Ibrahim Ibn Sa’d Allah Ibn Jama’ah Al Kinany. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (746kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (902kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (987kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (887kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (970kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (756kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini membahas tentang etika peserta didik dalam belajar menurut pandangan Al Imam Al Qadli Badr Al Din Muhammad Ibn Ibrahim Ibn Sa’d Allah Ibn Jama’ah Al Kinany yang tertuang dalam karyanya yang yaitu Kitab Tadzkirat Al Sami’ Wa Al Mutakallim Fi Adab Al ‘Alim Wa Al Muta’allim. Penelitian ini dibuat untuk menjawab pertanyaan sebagai berikut : (1) Bagaimana Etika peserta didik dalam belajar dari perspektif pemikiran Al Imam Al Qadli Badr Al Din Muhammad Ibn Ibrahim Ibn Sa’d Allah Ibn Jama’ah Al Kinany dalam kitab Tadzkirat Al Sami’ Wa Al Mutakallim Fi Adab Al ‘Alim Wa Al Muta’allim?, (2) Bagaiamana relevansi Etika peserta didik dalam belajar dari perspektif pemikiran Al Imam Al Qadli Badr Al Din Muhammad Ibn Ibrahim Ibn Sa’d Allah Ibn Jama’ah Al Kinany dalam kitab Tadzkirat Al Sami’ Wa Al Mutakallim Fi Adab Al ‘Alim Wa Al Muta’allim terhadap Pendidikan saat ini? Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan study tokoh (Life History), karena teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah didasarkan pada teks-teks pustaka. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil teknik analisis data berupa analisis isi, yaitu suatu usaha untuk menarik kesimpulan untuk menemukan karakteristik pesan dari objek yang diteliti dengan dilakukan secara obyektif dan sistematis agar para pembaca lebih mudah untuk memahami pesan dari buku yang diteliti oleh peneliti. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain : (1) Etika peserta didik perspektif Ibnu Jama’ah diklasifikasikan ke dalam 3 bentuk. Pertama, etika peserta didik terhadap dirinya sendiri. Kedua, etika peserta didik terhadap gurunya. Dan ketiga, etika peserta didik terhadap pelajarannya. (2) Etika Peserta didik perspektif Ibnu Jama’ah masih sangat relevan dengan kondisi Pendidikan saat ini. Diantaranya dapat dibuktikan dengan banyaknya Lembaga-lembaga Pendidikan anak usia dini mulai dari PAUD, KB, TK, Dll. Selain itu pada zaman sekarang peserta didik juga dituntut untuk menjaga pergaulan dan juga senantiasa saling menghormati dan menghargai baik sesama peserta didik maupun dengan guru yang dimana hal tersebut sudah termaktub dalam kitab Tadzkirat Al Sami’ Wa Al Mutakallim Fi Adab Al ‘Alim Wa Al Muta’allim
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etika, Peserta Didik, Belajar, Kitab Tadzkirat Al Sami’ Wa Al Mutakallim Fi Adab Al ‘Alim Wa Al Muta’allim |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 08 Jun 2021 02:31 |
Last Modified: | 08 Jun 2021 02:31 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4376 |
Actions (login required)
View Item |