Efektivitas Media Realia dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di MI NU Al Khurriyah 02 Besito Gebog Kudus

Sulistiawati, Yuni (2020) Efektivitas Media Realia dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di MI NU Al Khurriyah 02 Besito Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (573kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (578kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (848kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (980kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (942kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (639kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media realia dalam meningkatkan hasil belajar dan mengetahui perbedaan antara hasil pretest dan posttest dalam menggunakan media realia pada pembelajaran bahasa arab di MI Nu Al-Khurriyah 02 Besito Gebog Kudus. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan pra-experiment dengan desain one group pretes posttest. Sampel kelas V sebanyak 25 siswa dan dikelompokkan dan populasi kelas 4, 5 dan 6. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes (pretest dan posttest) digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil pretest sebelum menggunakan media realia dalam pembelajaran Bahasa Arab kelas V di MI NU Al-Khurriyah 02 Besito Gebog Kudus sebesar 75,40 (dalam rentang interval 71-80, dengan standar KKM) dengan kategori cukup. Hasil posttest setelah menggunakan media realia dalam pembelajaran Bahasa Arab kelas V di MI NU Al-Khurriyah 02 Besito Gebog Kudus sebesar 89,6 (dalam rentang interval 81-90,) dengan kategori baik. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan media realia dalam pembelajaran bahasa arab di MI NU Al-Khurriyah 02 Besito Gebog Kudus. Dari hasil uji t diperoleh t-hitung lebih besar dari t-tabel (11.658 > 1,711). Serta ditunjukkan dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti signifikan dengan taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar pada uji pretest dan posttest.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Realia, Hasil Belajar, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Aug 2021 02:38
Last Modified: 26 Aug 2021 02:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4951

Actions (login required)

View Item View Item