Ariyanti, Irma (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE SEMINAR SOCRATES DAN CAROUSEL BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS XI DI MA NU RAUDLATUS SHIBYAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
01. COVER - KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (955kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (974kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (888kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (875kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1)untuk mengetahui seminar Socrates, carousel brainstorming, dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak di MA NU Raudlatus Shibyan Kudus (2) untuk mengetahui pengaruh seminar Socrates terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak di MA NU Raudlatus Shibyan Kudus (3) untuk mengetahui pengaruh carousel brainstorming terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak di MA NU Raudlatus Shibyan Kudus (4) untuk mengetahui pengaruh seminar Socrates dan carousel brainstorming secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak di MA NU Raudlatus Shibyan Kudus. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dalam situasi alamiah akan tetapi didahului oleh semacam intervensi (campur tangan) dari pihak peneliti. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MA NU Raudlatus Shibyan Kudus yakni pada ruang lingkup kelas XI. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari peserta didik kelas XI IPS 1 & XI IPS 2 sejumlah 69 peserta didik, kemudian diambil sampel sebesar 58 peserta didik dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu regresi dan korelasi, baik sederhana, ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan metode seminar Socrates dalam kategori baik yaitu 81, carousel brainstorming dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak dalam kategori cukup, masing-masing 80,2 & 47,52. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan seminar Socrates dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak, dengan model Ŷ = 21,302 + 0,325 X1, hubungan keduanya positif & cukup signifikan. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan carousel brainstorming dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak, dengan model Ŷ = 0,390 + 0,588X2, hubungan keduanya positif & signifikan 4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan seminar Socrates dan carousel brainstorming secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak, dengan model Ŷ =-0.429 + 0,035 X1 + 0,563X2, dan hubungan seminar Socrates dan carousel brainstorming secara simultan dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak adalah positif & signifikan. Kata Kunci : Metode seminar Socrates, carousel brainstorming dan kemampuan berpikir kritis peserta didik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 11 Feb 2017 02:57 |
Last Modified: | 11 Feb 2017 02:57 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/503 |
Actions (login required)
View Item |