Mulyono, Tri (2021) Konsep Kurikulum Pendidikan Islam Perspektif Imam Ghazali Serta Relevansinya Pada Komponen Kurikulum Pendidikan Islam Pada Lembaga Jenjang MTs. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1 COVER-KATA PEGNANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (324kB) |
|
Text
3 DAFTAR ISI.pdf Download (229kB) |
|
Text
4 BAB I.pdf Download (430kB) |
|
Text
5 BAB II.pdf Download (645kB) |
|
Text
6 BAB III.pdf Download (299kB) |
|
Text
7 BAB IV.pdf Download (726kB) |
|
Text
8 BAB V.pdf Download (349kB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (358kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian studi kepustakaan (library research), yang mencoba mendeskripsikan konsep kurikulum pendidikan Islam perspektif Imam Ghazali beserta komponen kurikulum nya serta mencari relevansinya pada komponen kurikulum pendidikan Islam di lembaga jenjang MTs. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu bagaimana konsep kurikulum perspektif Imam Al-Ghazali melalui karyanya berupa kitab Ihya’ Ulum al-Din, kemudian peneliti berusaha menghubungkan dengan keadaan kurikulum pendidikan Islam pada masa sekarang. Dengan tujuan akhir yaitu mencari tahu apakah pemikiran tersebut masih relevan dengan kurikulum pendidikan Islam pada lembaga jenjang MTs. Penelitian ini termasuk jenis kepustakaan yang mengambil data dari benda mati berupa buku, dengan pendekatan Kualitatif yang menggunakan metode dokumentasi dalam pengumpulan datanya. Data diambil dari kitab Ihya’ yang merupakan data primer dan dibantu dengan data sekunder berupa buku-buku yang berkaitan dengan data primer. Serta menggunakan teknik Content Analysis dalam menganalisis data yang berdasarkan isi yang terkandung di dalamnya. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis dengan teknik dokumentasi dan Content Analisis penelitian ini berhasil memperoleh dua temuan, yaitu : 1) konsep kurikulum perspektif Imam Ghazali didasarkan pada Klasifikasi ilmu pengetahuan, yakni kurikulum yang berdasarkan dari Ilmu Fardlu ‘ain yakni mata pelajaran yang wajib pertama kali diberikan kepada peserta didik dan kurikulum yang berdasarkan pada ilmu fardlu Kifayah yakni mata pelajaran yang diberikan kepada peserta didik setelah mata pelajaran wajib. Sehingga dari klasifikasi tersebut mampu menghasilkan komponen-komponen yang terdapat pada sistem kurikulum yakni komponen tujuan, materi, metode, proses pembelajaran dan evaluasi kurikulum. 2) Kemudian pemikiran Imam Ghazali memiliki beberapa relevansi dengan kurikulum pendidikan Islam di jenjang MTs, diantaranya: 1) relevan dengan tujuan Pendidikan Nasional yakni sama-sama mendekatkan diri kepada Allah SWT.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Pendidikan Islam, Imam Ghazali |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 03:35 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:35 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5094 |
Actions (login required)
View Item |