Pratiwi, Ika (2019) Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Oleh Kepala Madrasah di MA Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1.Cover-Kata Pengantar.pdf Download (833kB) |
|
Text
2.Abstrak.pdf Download (127kB) |
|
Text
3.Daftar Isi.pdf Download (153kB) |
|
Text
4.BAB I.pdf Download (300kB) |
|
Text
5.BAB II.pdf Download (411kB) |
|
Text
6.BAB III.pdf Download (398kB) |
|
Text
7.BAB IV.pdf Download (371kB) |
|
Text
8.BAB V.pdf Download (135kB) |
|
Text
9.Daftar Pustaka.pdf Download (265kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan field research dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Reduksi data, Penyajian Data dan Vertifikasi Data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Kepala Madrasah di MA Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati Tahun Pelajaran 2018/2019”. Penelitian ini untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Kepala Madrasah di MA Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati Tahun Pelajaran 2018/2019? (2) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat dari Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Kepala Madrasah di MA Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati Tahun Pelajaran 2018/2019? Hasil penelitian menunjukkan Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Kepala Madrasah di MA Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati Tahun adalah Pertama, perencanaan yaitu kepala madrasah melakukan koordinasi dan komunikasi terhadap guru. Pelaksanaan yaitu kepala madrasah menggunakan teknik observasi kelas, yaitu dengan mengamati proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru di dalam kelas. Tujuannya dengan dilakukannya observasi kelas, agar supervisor dapat mencermati situasi saat proses belajar mengajar tersebut. Penilaian yaitu mencakup penggunaan metode pembelajaran, pendekatan pembelajaran, menguasai situasi dalam kelas dan menguasi peserta didik. Dan mengadakan pertemuan balikan. Evaluasi yaitu berupa sharing kemudian mendengarkan penjelasan guru yang bersangkutan. Faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pelaksanaan supervisi pembelajaran oleh kepala madrasah. Kedua, faktor penghambat diantaranya yaitu kesibukan pekerjaan kepala madrasah dan banyaknya guru senior yang menjadikan penilaian tidak objektif. Sedangkan faktor pendukung diantaranya yaitu komponen madrasah yang mendukung, kesiapan guru yang disupervisi, sarana pra sarana madrasah, dan ketrampilan guru dalam mengelola kelas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Pembelajaran, Kepala Madrasah |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 04:04 |
Last Modified: | 20 Sep 2021 04:04 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5225 |
Actions (login required)
View Item |