Maulana, Ilham (2021) Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19 Mi Nu Suryawiyyah Kirig, Mejobo. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1 COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (388kB) |
|
Text
3 DAFTAR ISI.pdf Download (351kB) |
|
Text
4 BAB I.pdf Download (482kB) |
|
Text
5 BAB II.pdf Download (718kB) |
|
Text
6 BAB III.pdf Download (484kB) |
|
Text
7 BAB IV.pdf Download (638kB) |
|
Text
8 BAB V.pdf Download (244kB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana penerapan pembelajaran daring di MI NU Suryawiyyah, (2) Apa saja kendala-kendala yang di alami guru dan orang tua dalam pembelajaran daring di MI NU Suryawiyyah, (3) Bagaimana peran guru dan orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran daring di MI NU Suryawiyyah.. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, orangtua dan siswa Mi Nu Suryawiyyah Kirig, Mejobo Kudus. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data meliputi uji kredibilitas yang terdiri dari peningkatan ketekunan, perpanjangan pengamatan, triangulasi, serta menggunakan bahan referensi. Sedangkan teknik analisis data terdiri dari data collection, data reduction, data display dan verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1. Penerapan yang dilakukan guru di MI NU Suryawiyyah dengan melakukan penyesuaian dalam melakukan pembelajaran kepada siswa, seperti penyesuaian RPP (rencana penerapan pembelajaran), media serta alat peraga yang akan di gunakan, sebagai media edukasi yang menyenangkan bagi siswa. 2. Kendala guru dalam awal pembelajaran daring yaitu kurang siap akan penerapannya di karenakaan pembelajaran daring yang di lakukan dadakan, pembelajaran daring juga membutuhkan banyak kuota internet, meskipun pemerintah memberikan bantuan kuota tetapi kuota tersebut belum cukup untuk melakukan pembelajaran daring sepenuhnya. 3. Peran guru dalam pembelajaran daring di MI NU Suryawiyyah memberikan motivasi dan bimbingan kepada siswa baik yang mempunyai handphone dan tidak, pembelajaran daring di MI NU Suryawiyyah menggunakan aplikasi whatsapp, google classroom,dan zoom, pemberian reward juga dilakukan oleh guru agar lebih kompetitif dalam belajar. peran orang tua dalam pembelajaran daring juga melakukan bimbingan kepada anak setelah bekerja dan jika anak mengalami kesulitan dalam menerima materi dapat dijelaskan oleh orang tua. Oleh karena itu dibutuhkan komunikasi yang baik dan berkesinambungan antara orang tua dan guru untuk mengetahui perkembangan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran guru dan Orangtua, Pembelajaran Daring |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 15 Oct 2021 02:45 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 02:45 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5441 |
Actions (login required)
View Item |