Implementasi Metode Kisah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII Di MTs NU Ihyaul Ulum Gondoharum Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2021

Khaqiqi, Novia Nurul (2021) Implementasi Metode Kisah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII Di MTs NU Ihyaul Ulum Gondoharum Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (346kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (400kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (151kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (320kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (206kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (263kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Metode Kisah dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII di MTs NU Ihyaul Ulum Gondoharum Jekulo Kudus, untuk mengetahui hambatan dan solusi dari implementasi metode kisah dalam membentuk akhlakul karimah pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dilaksanakan di MTs NU Ihyaul Ulum kelas VII Gondoharum Jekulo kudus pada bulan Mei 2021. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data yang digunakan yaitu Perpanjangan Pengamatan, Meningkatkan Ketekunan, Triangulasi, Bahan Referensi, dan member check. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) implementasi metode kisah pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs NU Ihyaul Ulum Gondoharum Jekulo Kudus pembelajarannya secara kelompok. Kegiatan dilaksanakan dengan 3 tahapan yaitu: pertama, pembukaan. Pendidik mengucapkan salam dan bersama-sama membaca do’a pembuka. Kedua, kegiatan pembelajaran. Pendidik menyampaikan materi, setelah itu, menunjuk salah satu peserta didik pada setiap setiap kelompoknya untuk mempresentasikan hasil pembelajan. Ketiga, penutup. Penutupan (evaluasi) pendidik memberi kesimpulan dari apa yang telah dipelajari dan memberi tugas untuk dikerjakan serta diakhiri dengan berdo’a bersama-sama, setelah itu pendidik mengucapkan salam penutup. (2) motivasi belajar peserta didik setelah mengimplementasikan metode kisah pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam menghasilkan presentase dalam kategori baik dan berhasil, ditunjukkan dengan adanya lembar observasi dan tes latihan soal peserta didik yaitu kemampuan dan ketuntasan belajar sudah mencapai 75 % diatas KKM. Hal ini terbukti dengan peserta didik aktif dalam menyampaikan materi dengan baik dan benar, bekerja sama dengan baik, semangat dalam proses pembelajaran, sadar penuh dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan pendidik dengan maksimal. (3) hambatan dan solusi dari implementasi metode kisah dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yaitu kemampuan peserta didik berbeda-beda dalam memahami materi yang disampaikan, kurangnya semangat dan motivasi sehingga pendidik kurang mampu mengkondisikan peserta didik di dalam kelas. Solusinya pendidik harus meningkatkan kompetensinya, memberi motivasi, semangat, bimbingan, dan teladan yang baik bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Kisah, Motivasi Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Oct 2021 01:58
Last Modified: 18 Oct 2021 01:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5462

Actions (login required)

View Item View Item