Rizqi, Wardah Ainur (2021) Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Mutu Sumber Daya Guru di MTs NU Banat Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER - KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (727kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (202kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (491kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (928kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (506kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (728kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (301kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (411kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan mutu sumber daya guru di MTs NU Banat Kudus, 2) mengetahui implikasi kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan mutu sumber daya guru di MTs NU Banat Kudus. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik wawancara, observasi/ pengamatan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan cara mereduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan mutu sumber daya guru di MTs NU Banat Kudus adalah dengan cara membangun karakter dan pola pikir yang positif; mengembangkan profesionalitas guru dan pegawai dengan upaya sebagai berikut: mengadakan pelatihan atau workshop dan pembinaan; studi lanjut gelar; mengikutsertakan kegiatan ilmiah; penyediaan perpustakaan; evaluasi yang berkesinambungan; mengoptimalisasi peran kepemimpinan di madrasah (sebagai edukator, manajer, administrator, leader, innovator dan motivator); memberikan pembinaan terhadap guru; mengadakan supervisi; dan pemanfaatan teknologi informasi. 2) implikasi kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan mutu sumber daya guru di MTs NU Banat Kudus adalah dengan memberikan kesempatan dan fleksibilitas bagi guru yang akan melanjutkan pendidikan lebih tinggi; menjadikan visi, misi dan tujuan madrasah sebagai target pengembangan mutu sumber daya guru dan menciptakan lingkungan kerja yang aman, nyaman dan kondusif. Selain itu juga para guru di MTs NU Banat Kudus sudah memiliki kompetensi-kompetensi yang di butuhkan, yakni kemampuan tenaga pendidik dalam mengatur dan mengelola proses pembelajaran para pesera didiknya (kompetensi pedagogik), kemampuan pribadi dalam memberikan contoh dan teladan yang baik (kompetensi kepribadian), kemampuan dalam penguasaan materi pembelajaran secara rinci, luas dan kompleks (kompetensi professional), kemampuan berkomunikasi yang sopan dan baik antar sesama (kompetensi sosial).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Kepala Madrasah, Mutu Sumber Daya Guru |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 02:12 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 02:12 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5464 |
Actions (login required)
View Item |