Penerapan Metode Cooperative Script dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas IX di MTs NU Ihyaul Ulum

Rukhmana, Siti Umi (2021) Penerapan Metode Cooperative Script dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas IX di MTs NU Ihyaul Ulum. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (211kB)
[img] Text
4, BAB I.pdf

Download (353kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (497kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (227kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (454kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (203kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (267kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Cooperative Script pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode Cooperative Script dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs NU Ihyaul Ulum Gondoharum Jekulo Kudus. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research) dengan lokasi penelitian di MTs NU Ihyaul Ulum Gondoharum Jekulo Kudus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala madrasah, pendidik mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, dan peserta didik kelas IX. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, pengamatan (observasi), dan dokumentasi. Setelah data terkumpul teknik analisis data berupa data reduksi (Data Reduction), penyajian data (Data Display), dan penyimpulan data (Verification). Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Penerapan metode Cooperative Script pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs NU Ihyaul Ulum Gondoharum Jekulo Kudus dilaksanakan melalui tiga tahapan, yaitu pertama, perencanaan pembelajaran, pendidik menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Kedua, pelaksanaan pembelajaran yang meliputi: kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan akhir/ penutup. Ketiga, evaluasi pembelajaran, yaitu pendidik menggunakan cara tes tertulis dan diskusi kelompok dengan mengirimkan 2 orang dari masing-masing kelompok untuk menghafalkan Al-Qur’an dan Hadits terkait dengan materi menghargai waktu dan menuntut ilmu. (2) Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs NU Ihyaul Ulum Gondoharum Jekulo Kudus setelah diterapkan metode Cooperative Script menghasilkan nilai dalam kategori baik, ditunjukkan dengan adanya evaluasi yang diberikan oleh pendidik, memperoleh hasil keseluruhan kelas yang memuaskan. Interval nilai 90-100 diperoleh 10 peserta didik, nilai 80-89 diperoleh 53 peserta didik, dan nilai 70-79 hanya diperoleh 1 peserta didik. (3) Faktor pendukung dari pelaksanaan metode Cooperative Script meliputi kemampuan pendidik dalam mengajar, peserta didik, dan sarana prasarana. Sedangkan untuk faktor penghambat pelaksanaan metode Cooperative Script, yaitu perbedaan kemampuan peserta didik, peserta didik kurang percaya diri, dan kurangnya motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Cooperative Script, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Oct 2021 01:42
Last Modified: 19 Oct 2021 01:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5473

Actions (login required)

View Item View Item