Peran Guru dalam Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMP Negeri 01 Gebog Kudus Tahun 2020/2021

Pratiwi, Lisa (2021) Peran Guru dalam Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMP Negeri 01 Gebog Kudus Tahun 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (904kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (141kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (547kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (287kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perubahan situasi akibat pandemi Covid-19 yang menyebabkan kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara jarak jauh. Hal tersebut berdampak pada sistem pembelajaran yang awalnya dilaksanakan secara konvensional beralih pada sistem pembelajaran yang berbasis E-Learning. Guru PAI dalam menjalankan perannya diharapkan mampu menjalankan proses pembelajaran sesuai dengan kegunaan teknologi informasi sesuai dengan kebijakan pemerintah untuk melaksanakan pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peran guru dalam pembelajaran berbasis E-Learning pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMP Negeri 01 Gebog Kudus. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriprif. Penentuan subyek dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga didapatkan subyek yaitu kepala sekolah, guru PAI kelas VII, 5 siswa kelas VII. Sedangkan teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan menggunakan trianggulasi teknik dan trianggulasi waktu. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran berbasis E-Learning dilaksanakan melalui Telegram, Google Meet, Google Form dan Website sekolah. Adapun langkah-langkah pelaksanaan pembelajarannya dibagi menjadi dua tahap yaitu tahap perencanaan dan tahap pelaksanaan. Kedua, tahap kegiatan inti meliputi memotivasi siswa, menampilkaan video pembelajaran, menjelaskan materi, sesi tanya jawab. (2) Peran guru memiliki 4 peran. Pertama, guru sebagai pengajar yaitu menampilkan video pembelajaran, menjelaskan materi pelajaran di Google Meet, melakukan sesi tanya jawab terkait materi dan mengevaluasi. Kedua, guru sebagai motivator yaitu memberikan memberi semangat secara verbal ketika virtual learning di Google Meet, memberikan penugasan dan pujian. Ketiga, guru sebagai pengelola pembelajaran yaitu mengelola pembelajaran dengan cara mempersiapkan RPP, menentukan materi, menggunakan media pembelajaran berupa video pembelajaran, proses pembelajaran dilaksanakan melalui Telegram, Google Meet, Google Form, Website sekolah (smp1gebog.id), menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan. Keempat, peran guru sebagai penasehat yaitu memberikan arahan atau nasehat terkait akhlak, ibadah dan kesehatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, E-Learning
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Oct 2021 02:17
Last Modified: 19 Oct 2021 02:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5479

Actions (login required)

View Item View Item