Pengaruh Metode Resitasi terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMK Assa’idiyah 2 Kudus dalam Masa Pandemi Covid-19

Anam, Khoirul (2021) Pengaruh Metode Resitasi terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMK Assa’idiyah 2 Kudus dalam Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (232kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (374kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (424kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (264kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (556kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (210kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (272kB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting karena dengan adanya pendidikan akan mengubah sikap sesorang menjadi lebih baik dan mengembangkan potensi yang ada dalam diri sesorang. Dengan adanya wabah covid-19 yang menyebar di seluruh dunia tak terkecuali di Indonesia, maka pemerintah mengambil kebijakan dengan melaksanakan pendidikan jarak jauh atau biasa disebut pembelajaran daring. Oleh karena itu inovasi dalam penerapan metode pembelajaran sangat diperlukan agar siswa tetap mendapatkan ilmu serta dapat mengembangkan potensi mereka. Metode resitasi dengan melakukan penugasan membuat peserta didik dapat mendapatkan pengalaman belajar secara langsung dan memberikan kemandirian kepada mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode resitasi yang diterapkan pada mata pelajaran PAI dalam masa pandemic covid-19 di SMK Assa’idiyah 2 Kudus, untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMK Assa’idiyah 2 Kudus dalam masa pandemi Covid-19 dan pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran yang diterapkan pada masa pandemic covid-19 di SMK Assa’idiyah 2 Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan untuk memecahkan masalah berdasarkan data-data numeric yang disajikan, dianalisi, serta di interpretasikan. Dalam penelitian ini peneliti melakukan studi lapangan di SMK Assa’idiyyah 2 Kudus dan mengambil seluruh siswa sebagai populasi yang berjumlah 190 siswa. Kemudian proses pengambilan sampel digunakan teknik probability sampling dengan mengambil 35% dari jumlah populasi yang ada yaitu sejumlah 67 siswa sebagai sampel dalam penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert kemudian data diolah menggunakan SPSS Versi 26 dengan metode regresi linier sederhana dan jumlah nilai peserta didik pada mata pelajaran PAI. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode resitasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMK Assa’idiyyah 2 Kudus dalam masa pandemic covid-19 dengan pengaruh yang signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan t hitung sebesar 11,271 > t tabel 1,998. Kemudian variabel metode resitasi mempunyai hubungan yang positif dengan hasil belajar dengan signifikansi yang sangat kuat sebesar 0,813 dengan koefisien determinasi yang menunjukan pengaruh yang diberikan oleh penerapan metode resitasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMK Assa’idiyyah 2 Kudus dalam masa pandemic covid-19 sebesar 66,2% sedangkan sisanya 33,8% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Resitasi, Hasil Belajar PAI, Pandemi Covid-19
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Oct 2021 02:46
Last Modified: 19 Oct 2021 02:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5487

Actions (login required)

View Item View Item