Fa’aaliyah al nasyat al madrasii al 'idhaafii al tarjamah litarqiah kafa'ah al tarjamah laday al thulaab fii al shafi al saabi’ bi. bialmadrasah al mutawasithah al islamiyah Kedungamba Jafaraa al ’am al dirasii 2018/2019

ZA, MF.Thoha Mutawalli (2019) Fa’aaliyah al nasyat al madrasii al 'idhaafii al tarjamah litarqiah kafa'ah al tarjamah laday al thulaab fii al shafi al saabi’ bi. bialmadrasah al mutawasithah al islamiyah Kedungamba Jafaraa al ’am al dirasii 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 abstrak.pdf

Download (527kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 BAB IV.pdf

Download (6MB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (714kB)
[img] Text
9 daftar pustaka.pdf

Download (779kB)

Abstract

Tujuan utama dalam penelitian ini adalah mengetahui implementasi ,efektifitas dan faktor pendukung dan penghambat dari kegiatan Ekstrakurikuler Tarjamah Di Madrasah Tsanawiyah Kedungombo. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatatif sebagai metode untuk mengetahui fenomena dan menganalisis data yang ada. Peneliti juga menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti melaksanakan validasi data melalui teknik memperpanjang observasi, meningkatkan ketekunan dan triangulasi data. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Ekstrakurikuler Tarjamah Di Madrasah Tsanawiyah Kedungombo berjalan dengan baik. hal itu di tinjau dari kurikulum 2013 telah di realisasikan dalam proses pembelajarannya, metode dan media pembelajaran sudah mencukupi, waktu yang disediakan sudah mencukupi. Adapun dari segi Keefektifan Ekstrakurikuler Tarjamah ini menunjukkan bahwa tambahan kegiatan sekolah ini membuat siswa lebih mudah memahami bahasa Arab dan kegiatan belajar mengajar menjadi efektif dan efesien. Mereka menjadi lebih percaya diri dalam menterjemahkan, sehingga mereka bisa menerjemahkan secara mandiri di rumah masing-masing, banyak dari siswa yang mendapatkan nilai yang bagus. Dalam aspek menerjemah, siswa yang mendapatkan nilai A sebanyak 67% pada latihan pertama, 85% pada latihan kedua dan 95% pada latihan ketiga. Dan kemampuan siswa setelah mengikuti ekstrakurikuler tarjamah ini adalah siswa mampu menggunakan kamus untuk mencari kosakata yang belum diajarkan oleh guru, dan siswa juga tidak monoton dalam menterjemahkan sehingga muncul kreatitas dalam menyusun kalimat dan nilai siswa di atas KKM. Adapun Faktor-faktor yang mendukung Ekstrakurikuler Tarjamah, adalah Minat siswa yang tinggi, media pengajaran yang menarik, pemberian motivasi, kompetensi guru yang mumpuni, Adapun faktor-faktor penghambat dalam Ekstrakurikuler Tarjamah adalah semangat siswa yang menurun, waktu dan lingkungan yang kurang mendukung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Ekstrakurikuler Tarjamah, Kemampuan Menterjemahkan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Oct 2021 03:15
Last Modified: 19 Oct 2021 03:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5493

Actions (login required)

View Item View Item