Umam, Saiful (2019) Fa’aaliyah ta’lim al lughah al ‘arabiyah bi astikhdam kitab al mahir bi al lughah al ‘arabiyah 1 ladaay al thulaab fii al fashl al hadi ‘asyar bi madrasah an Nur al ‘aliyah daren nalumasari jafara al sanah al dirasiyah 2017/2018 m. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (17MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB 1.pdf Download (3MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (3MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (984kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Bahasa Arab adalah bahasa yang mulia, karena bahasa Arab merupakan bahasa kitab al-Qur’an dan juga bahasa agama. Jadi, sudah seharusnya orang Islam mempelajari bahasa Arab. Dalam bahasa Arab terdapat empat maharat, yaitu maharat qiroah, istima’, hiwar dan kitabah. Bahasa Arab diajarkan hampir diseluruh Madrasah Aliyah di Indonesia. Namun, banyak siswa di Indonesia yang merasa sulit untuk mempelajari bahasa Arab. Untuk memudahkan para siswa dan guru dalam mengajarkan bahasa Arab, peneliti mencoba melakukan penelitian eksperimen tentang pengajaran bahasa Arab dengan menggunakan Kitab al-Mahir Billughoh al-Arabiyyah 1, karena di dalam kitab tersebut selain terdapat teks-teks bahasa Arab, juga ada latihan-latihan serta contoh-contoh menggunakan kata dalam kalimat sehingga siswa dengan mudah dapat mempelajari bahasa Arab baik itu maharat qiroah, istima’, hiwar, kitabah dan qawaid bahasa Arab. Tujuan penelitian ini yaitu: 1. untuk mengetahui pengajaran bahasa Arab di kelas XI MA an-Nur Daren Nalumsari Jepara, 2. Untuk mengetahui penerapan Kitab al-Mahir Billughoh al-Arabiyyah 1 di kelas XI MA an-Nur Daren Nalumsari Jepara dan 3. Untuk mengetahui efektifitas penggunaan Kitab al-Mahir Billughoh al-Arabiyyah 1 di kelas XI MA an-Nur Daren Nalumsari Jepara. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Aapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Dan untuk metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini yaitu: 1. Pengajaran bahasa Arab di kelas XI MA an-Nur Daren Nalumsari Jepara kurang baik, 2. Penerapan Kitab al-Mahir Billughoh al-Arabiyyah 1 di kelas XI MA an-Nur Daren Nalumsari Jepara baik dan 3. Penggunaan Kitab al-Mahir Billughoh al-Arabiyyah 1 di kelas XI MA an-Nur Daren Nalumsari Jepara efektif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengajaran Bahasa Arab, Kitab al-Mahir Billughoh al-Arabiyyah 1, Siswa Kelas XI MA an-Nur Daren Nalumsari Jepara |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 02:08 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 02:08 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5523 |
Actions (login required)
View Item |