Kulsum, R. Umi Fitriana (2021) Penerapan Metode Think Pairs Share (TPS) untuk meningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs. WUSTHA “AL-AZIZAH” Godong Kapubaten Grobogan Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (491kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (334kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (654kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (892kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (472kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (698kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (353kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (610kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1. untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Think Pairs Share (TPS) untuk meningkatkan mata pelajaran Akidah Akhlak pada kelas VIII di MTs. WUSTHA “AL�AZIZAH” Godong Kapubaten Grobogan.2. Untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak melalui Think Pairs Share (TPS) kelas VIII di MTs. WUSTHA “AL�AZIZAH” Godong Kapubaten Grobogan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualititatif dan jenis pendekatan yang digunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model siklus. Lokasi ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah WUSTHA “AL-AZIZAH” Godong pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs. WUSTHA “AL-AZIZAH” Godong yang berjumlah 33 siswa. Fokus dalam penelitian ini yaitu dilaksanakan 2 siklus, siklus pertama dilaksanakan 2 kali pertemuan sedangkan siklus 2 dilaksanakan 1 kali pertemuan. Setiap pertemuan melalui tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi atau evaluasi dan refleksi. Instrumen penelitian yaitu panduan obeservasi dan instrumen tes. Tehnik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian penerapan metode pembelajaran Think Pairs Share pada siswa yaitu 1. pembelajaran menggunakan metode Think Pairs Share dapat meningkatkan keaktifan dalam kerjasama menjadi lebih baik. 2. Penggunaan metode pembelajaran Think Pairs Share dapat meningkatkan hasil belajar dengan baik. Peningkatan dimulai dari pre test, siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil nilai pre tes yang rata�ratanya 69,27, dan jumlah siswa yang berhasil masuk dalam standar KKM ≥ 75 adalah 14 siswa atau setara 42,42%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus I, di mana nilai rata-ratanya 74,93% dan siswa yang berhasil sesuai standar KKM ≥ 75 adalah 21 siswa atau hanya 63,63%, dan meningkat lagi pada tes akhir pada siklus II nilai rata-ratanya menjadi 78,03% dan siswa yang berhasil sesuai dengan standar KKM ≥ 75adalah 28 siswa atau hanya 84,84%. Berdasarkan data tersebut siswa mengalami peningkatan hasil belajar, maka dari membuktikan bahwa penerapan metode Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak siswa Kelas VIII di MTs. WUSTHA “AL�AZIZAH” Godong kabupaten Grobogan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Think Pairs Share (TPS), Hasil Belajar Siswa, Akidah Akhlak |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 02 Nov 2021 06:54 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 06:54 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5615 |
Actions (login required)
View Item |