Nofitasari, Nofitasari (2021) Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Video dalam Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Komunikasi dan Sosialisasi Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Kelas V di SLB N Purwosari Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (188kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (139kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (425kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (413kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (172kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (504kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (200kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (310kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendiskripsikan implementasi media pembelajaran berbasis video dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan komunikasi dan sosialisaasi anak berkebutuhan khusus tunagrahita,2) Mendiskripsikan kelemahan media pembelajaran berbasis video dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan komunikasi dan sosialisaasi anak berkebutuhan khusus tunagrahita. Jenis penelitian yang diterapkan oleh peneliti, yaitu penelitian lapangan atau field research, dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara bebas terpimpin, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Instrument pada penelitian ini, yaitu lembar observasi peserta didik, serta wawancara pada kepala sekolah, pendidik kelas V-C/C1, dan orang tua. Subyek penelitian ini, yaitu peserta didik kelas V-C/C1 atau tungrahita ringan dan sedang dengan jumlah 7 peserta didik. Hasil penelitian ini, dapat membuktikan bahwa: 1) Implementasi media pembelajaran berbasis video dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan komunikasi dan sosialisasi anak berkebutuhan khusus tunagrahita kelas V di SLB N Purwosari Kudus, bahwa: a) pelaksanaan pembelajaran daring melalui WAG (wathsaap group), saling bekerjasama antar pendidik dan orang tua, dengan menggunakan media video yaitu multimedia interaktif, b) Komunikasi pada peserta didik kelas V-C/C1 ada peningkatan komunikasi. Hal tersebut, dilihat dari hasil evaluasi, atau penyelesaian tugas yang diberikan oleh pendidik melalui video yang disampaikan, berdasarkan dari peningkatan video 1, yaitu 70.12 , , yaitu 65.87, menjadi meningkat ke video 2 yaitu 84.91, kemudian video 3, yaitu 91.66. 2) Kelebihan media pembelajaran berbasis video dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan komunikasi dan sosialisasi anak berkebutuhan khusus tunagrahita kelas V di SLB N Purwosari Kudus, diantaranya: a) Menarik, b) Universal. b) Mudah difahami, c) Dapat meningkatkan komunikasi untuk anak dan orang tua, d) Dapat meningkatkan sosialisasi antar orang tua dan anak. 3) Kelemahan media pembelajaran berbasis video dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan komunikasi dan sosialisasi anak berkebutuhan khusus tunagrahita kelas V di SLB N Purwosari Kudus, diantaranya: a) Terhambat sinyal, b) Kuota, c) Wali murid ada yang tidak dapat mengoperasikan HP android, d) Video yang dibuat oleh pendidik terlalu monoton, karena video yang dibuat hanya berisikan gambar dan suara saja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Berbasis Video, Pembelajaran Daring, Komunikasi dan Sosialisasi, Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 09 Nov 2021 01:51 |
Last Modified: | 09 Nov 2021 01:51 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5733 |
Actions (login required)
View Item |