Aly, Athib Ni’mal (2021) Konsep Pendidikan Adab Syaikh Ahmad Nawawi Dalam Kitab Jawahirul Adab (Perspektif K. Mudatsir Karanganyar Demak). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (204kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (420kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (735kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (257kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (676kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (251kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (290kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja adab yang harus dimiliki peserta didik dalam kitab Jawahirul Adab Syaikh Ahmad Nawawi Perspektif K. Mudatsir Karanganyar Demak serta relevansinya didalam dunia pendidikan Islam saat ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pustaka (Library Research) yaitu dengan mempelajari literatur yang memiliki kaitan erat dengan permasalahan yang diteliti. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Content Analysis yang mencerminkan isi dari suatu teks (nadzam kitab Jawahirul Adab). Kitab ini terdiri atas 36 Nadzam. Terdapat 27 nadzam yang berisi tentang pendidikan adab untuk peserta didik. Peneliti kemudian menelusuri isi dan terjemahan kitab jawahirul adab, melakukan wawancara dengan keluarga Syaikh Ahmad Nawawi dan dengan salah satu penerjemah ahli yaitu K. Mudatsir serta melakukan analisis data yang dilakukan secara tekstual maupun kontekstual. Peneliti berhasil memperoleh beberapa penemuan yaitu pertama, menurut K. Mudatsir konsep pendidikan adab dalam kitab Jawahirul Adab memiliki 4 pokok bahasan yaitu Adab sebelum menuntut ilmu, yakni berdoa Memuji Allah dan Bershalawat atas Nabi serta menata niat belajar untuk menghilangkan kebodohan dan mengetahui hukum-hukumnya Allah, Adab kepada guru, yakni patuh kepada guru, memuliakan guru, sopan santun saat berada disamping guru, mendengarkan penjelasan guru serta tidak menanyakan hal yang tidak perlu ditanyakan, Adab berteman yakni dengan berkumpul dan memilih teman yang baik serta memperioritaskan kepentingan umum daripada kepentingan golongan. Adab kepada buku dan pelajaran yakni dengan mensucikan diri dan tempat dari hadas dan najis, rajin belajar dengan mencatat pelajaran, mengulang pelajaran yang disampaikan guru dan banyak membaca refrensi. Kedua, Relevansi adab dalam dunia pendidikan Islam sudah sangat relevan untuk diterapkan saat ini yang diharapkan dapat menjadi standarisasi ukuran atau pedoman bagi peserta didik di zaman Millenial
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Adab, Kitab Jawahirul Adab, Pendidikan Islam, K.Mudatsir |
Subjects: | Aqaid dan Ilmu Kalam > Kitab-Kitab Allah Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 10 Nov 2021 07:35 |
Last Modified: | 10 Nov 2021 07:35 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5765 |
Actions (login required)
View Item |