Analisis Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Film Tanda tanya (?) Karya Hanung Bramantyo dan Relenvansinya dengan Pendidikan Agama Islam

Amaliyah, Rika (2021) Analisis Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Film Tanda tanya (?) Karya Hanung Bramantyo dan Relenvansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (297kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (422kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (530kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (141kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (799kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (204kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (275kB)

Abstract

Moderasi beragama merupakan sebuah konsep yang dimaknai sebagai cara pandang, sikap, ataupun prilaku beragama yang mengambil posisi di tengah, yaitu selalu menghindari prilaku ataupun pengungkapan yang ekstrem. Menanamkan nilai-nilai moderasi beragama dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menggunakan media film. Film merupakan salah satu media yang dapat membantu dalam menanamkan nilai moderasi beragama, karena dalam film terdapat contoh yang hampir sama dengan kehidupan sehari-hari hingga mudah dipahami oleh para penonton, sebagai contoh film Tanda Tanya (?) karya Hanung Bramantyo yang mengambarkan realitas kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis nilai-nilai moderasi beragama yang terkandung pada film Tanda Tanya (?) karya Hanung Bramantyo yang memiliki relevansi dengan pendidikan agama Islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan atau library research. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan mengumpulkan data-data sebagai sumber analisis yang terdiri dari data primer yaitu video dan skenario film Tanda Tanya (?) serta data sekunder yang digunakan yaitu, berupa buku-buku, majalah, internet dan berbagai literatur yang relavan dengan penelitian guna memperkuat data penelitian. Adapun teknik analisis data menggunakan metode content analysis atau analisis isi yaitu dengan cara mengumpulkan data berupa kata, simbol, tema, makna gambar, gagasan, dan semua bentuk yang dapat dikomunikasikan dengan tahapan pengunitan data-data (unitisasi), membatasi observasi (sampling), mengidentifikasi data (recording), menyederhanakan data (reducing), pengambilan kesimpulan (inferring), dan mendiskripsikan hasil analisis isi (naratting). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ditemukan beberapa nilai moderasi beragama yang terkandung dalam film Tanda Tanya (?) karya Hanung Bramantyo dan memiliki relevensi dengan pendidikan agama Islam yaitu, nilai moderat (tawasuth), toleransi (tasamuh), seimbang, (tawazun), keadilan (I’tidal), egaliter (musawah), musyawarah (syura), mendahulukan prioritas (awlawiyah), reformasi, (islah), berkeadaban (tahaddur), dinamis dan inovatif (tathawwur wa ibtikar).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai, Moderasi Beragama, Film Tanda tanya, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Nov 2021 01:48
Last Modified: 11 Nov 2021 01:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5772

Actions (login required)

View Item View Item