Pelaksanaan Pembelajaran dari Rumah (BDR) pada Masa Pandemi Covid-19 Di SD Negeri Gulangpongge 01 Gunungwungkal Pati

Ariyani, Suci (2021) Pelaksanaan Pembelajaran dari Rumah (BDR) pada Masa Pandemi Covid-19 Di SD Negeri Gulangpongge 01 Gunungwungkal Pati. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover sampai dengan Kata Pengantar-dikonversi.pdf

Download (582kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (317kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (321kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (377kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (562kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (375kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (588kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (200kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dari rumah siswa SDN Gulangpongge 01 Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati.Untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan Belajar dari Rumah (BDR) Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa SDN Gulangpongge 01 Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, 1 guru Pendidikan Agama Islam (PAI), 5 wali siswa dan 1 Operator sekolah yang bertindak sebagai Tim IT di SDN Gulangpongge 01.Obyek penelitian adalah siswa Kelas IV, V, dan VI SDN Gulangpongge 01. Hasil penelitian adalah Pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) di SDN Gulangpongge 01 telah berjalan walaupun berada di masa Pandemi Covid-19. Guru telah mempersiapkan pembelajaran dengan menyiapkan RPP, bahan ajar, melalui metode pembelajaran daring dan luring. Guru melakukan pembelajaran secara daring dan luring. Pembelajaran daring dilakukan menggunakan aplikasi whatsapp group, google classroom dan youtube. Pembelajaran luring dilakukan dengan cara berkunjung ke rumah siswa secara berkelompok. Guru membentuk kelompok-kelompok siswa berdasarkan kedekatan tempat tinggal masing-masing siswa. Kelebihan dan kekurangan dari Belajar dari Rumah (BDR) di SDN Gulangpongge 01 adalah sebagai berikut; (a) Kelebihan belajar dari rumah (BDR) dalam pembelajaran dari rumah adalah; 1) Materi tetap bisa tersampaikan walaupun siswa tidak bertemu langsung dengan guru. 2) Pembelajaran masih tetap bisa dilakukan dengan pendampingan orang tua. 3) Anak mampu belajar mandiri dengan bantuan teknologi komunikasi. (b) Kekurangan belajar dari rumah (BDR) dalam pembelajaran dari rumah adalah; 1)Tidak semua anak mempunyai sarana dan prasarana untuk mendukung belajar dari rumah (BDR) 2)Ada beberapa siswa yang mempunyai motivasi rendah dan kurang maksimal dalam belajar karena tidak bertemu dengan guru. 3)Kurangnya jaringan internet di daerah Gulangpongge Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati yang sedikit banyak akan berpengaruh terhadap proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Belajar dari Rumah (BDR), Pandemi Covid-19, SDN Gulangpongge 01
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Nov 2021 02:02
Last Modified: 15 Nov 2021 02:02
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5823

Actions (login required)

View Item View Item