Penerapan Media Hand Puppet Pada Pembelajaran IPS materi Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan Siswa Kelas V MI Khoiriyah Carikan Kayen Pati

Sholihah, Chilyatus (2021) Penerapan Media Hand Puppet Pada Pembelajaran IPS materi Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan Siswa Kelas V MI Khoiriyah Carikan Kayen Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (457kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (202kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (864kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (679kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (593kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (841kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (554kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: Untuk mengetahuibagaimana penerapan media boneka tangan pada pembelajaran IPS materi Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan siswa kelas V MI Khoiriyah Carikan Kayen Pati, mengetahui bagaimana aktivitas belajar dengan diterapkannya media boneka tangan pada pembelajaran IPS materi Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan siswa kelas V MI Khoiriyah Carikan Kayen Pati.mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan media boneka tangan pada pembelajaran IPSmateri Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan siswa kelas V MI Khoiriyah Carikan Kayen Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini peneliti melalukan wawancara dengan kepala madrasah, wali kelas V, dan peserta didik kelas V.Kemudian analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: Pertama Penerapan media Boneka Tangan pada pembelajaran IPS materi Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan siswa kelas V MI Khoiriyah Carikan Kayen Pati. 1)Tahap persiapan dan perencanaan dengan menyiapkan media pembelajaran yaitu media boneka tangan dan merencanakan pembelajaran Silabus dan Rencana Pekasanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran IPS. 2)Tahap pelaksanaan penerapan media boneka tangan pada proses pembelajaran yaitu dengan lima tahapan, guru memberi penjelasan singkat tentang menghargai jasa dan perjuangan tokoh dalam mempertahankan Kemerdekaan Indonesia,siswa mengamati teks bacaan, guru memberi penjelasan singkat cerita,guru memunculkan tokoh dengan media boneka tangan, dan guru membangun pola pikir siswa. 3) Tahap refleksi pada penerapan media boneka tangan yaitu guru memberi umpan balik kepada siswa terhadap proses dan hasil pembelajaran.Kedua, Aktivitas belajar dengan diterapkannya media Boneka Tangan pada Pembelajaran IPS materi Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan siswa kelasV MI Khoiriyah Carikan Kayen Pati mengalami peningkatansetelah guru membangun pola pikir dengan mengeluarkan beberapa pertanyaan serta memberikan cerita yang menarik danmemotivasi siswa.Ketiga, Faktor pendukung dalam pelaksanaan penerapan media Boneka Tangan yaitu guru dan sarana prasarana;dan Faktor penghambatnya yaitu sering berbicara dengan teman, kurangnya memperhatikan atau fokus pada guru, sikap apatis serta kurangnya kesadaran akan pentingnya memahami materi saat pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Boneka Tangan, Aktivitas Belajar, Pembelajaran IPS
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Nov 2021 02:07
Last Modified: 17 Nov 2021 02:07
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5887

Actions (login required)

View Item View Item