Manajemen Pembelajaran Akhlak Salaf Pada Masa Pandemi Covid 19 di MI NU TBS Kudus

Pratidina, Alif Ginong (2021) Manajemen Pembelajaran Akhlak Salaf Pada Masa Pandemi Covid 19 di MI NU TBS Kudus. Masters thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (412kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (354kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (466kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (774kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (462kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (639kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (341kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB)

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan pembelajaran akhlak salaf pada masa pandemi di MI NU TBS Kudus, (2) Pelaksanaan pembelajaran akhlak salaf pada masa pandemi di MI NU TBS Kudus, (3) Penilaian pembelajaran akhlak salaf pada masa pandemi di MI NU TBS Kudus Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kulitatif, yakni jenis penelitian yang temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya, tapi dengan menggunakan paradigma naturalistik, yaitu penelitian yang dilaksanakan dalam konteks natural atau wajar, yang kemudian dapat memberikan kejelasan terhadap kenyataan atau realitas. Lokasi penelitian di MI NU TBS Kudus sebagai sumber data untuk mendapatkan potret manajemen pembelajaran akhlak salaf di madrasah tersebut. Data diperoleh dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus, meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran akhlak salaf hanya diawali dengan penentuan materi yang akan disampaikan dan target akhirnya. Perencanaan pembelajaran meliputi pemilihan guru, guru-guru diberikan surat tugas dan SK untuk menjelaskan tugasnya. Guru akhlak salaf dipilihkan yang dari pondok karena beliau-beliau ini sudah terbiasa belajar dan mengajar kitab-kitab salaf, kemudian pemilihan kitab dan materi, dan juga pengalokasian waktu. Adapun jam pelajarannya hanya dua jam karena pelajaran akhlak salaf ini merupakan muatan lokal. Jadi meskipun belum ada perangkat perencanaan pembelajaran yang tercetak tapi kami juga tetap merencanakan pembelajarannya dan pelaksanaanya juga baik. (2) Pelaksanaan pembelajaran akhlak salaf pada masa pandemi di MI NU TBS Kudus dilaksanakan dengan sistem Daring dengan memberikan materi melalui membuat video yang selanjutnya di upload ke channel Youtube atau melalui media WhatsApp. Guru juga menjelaskan meteri melalui rekaman ataupun pesan suara yang selanjutnya dikirim ke siswa melalui media WhatsApp. Selanjutnya siswa diminta umtuk menulis nadhom atau catatan yang dipelajari pada hari itu di buku masing-masing dan dikirim ke guru mapel. Sedangkan sistem Luring Pembelajaran akhlak salaf di madrasah dilaksanakan dengan cara: dibagi 2 rombel pada tiap kelas. Hal ini dikarenakan adanya pembatasan jumlah maksimal siswa yang boleh dihadirkan ke madrasah. Setiap rombel terjadwal masuk pembelajaran tatap muka tiga kali pertemuan dalam sepekan, dengan alokasi waktu hanya tiga jam dengan tiga mata pelajaran. (3) Penilaian pembelajaran Akhlak Salaf pada masa pandemi di MI NU TBS Kudus ini dilaksanakan dengan setoran hafalan, membaca, menulis nadhom dan memaknai kitab. Selain itu penggunaan Google Form sebagai salah satu bentuk penilaian setiap satu pembahasan materi, ditambah evaluasi semester meliputi ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semester. Evaluasi perilaku siswa dilakukan dengan pengamatan perilaku siswa saat berada di lingkungan sekolah. Evaluasi perilaku siswa selama berada dirumah masih sebatas mengirimkan foto atau video anak saat menghafal atau melakukan kegiatan berakhlakul karimah

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: manajemen pembelajaran, akhlak salaf, Pandemi Covid 19
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Nov 2021 02:37
Last Modified: 17 Nov 2021 02:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5894

Actions (login required)

View Item View Item