Implementasi Penggunaan Media Puzzle Angka Dalam Mengenalkan Lambang Bilangan Pada Siswa Kelompok A TK Kartika Sari Ngemplik Wetan Karananyar Demak

Qodriyah, Ema Lailatul (2021) Implementasi Penggunaan Media Puzzle Angka Dalam Mengenalkan Lambang Bilangan Pada Siswa Kelompok A TK Kartika Sari Ngemplik Wetan Karananyar Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (998kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (69kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (99kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (131kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (117kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (201kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (78kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (78kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1)Mendeskripsikan implementasi penggunaan media puzzle angka dalam mengenalkan lambang bilangan pada siswa kelompok A TK Kartika Sari Ngemplik Wetan Karanganyar Demak. (2)Mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat penggunaan media puzzle angka dalam mengenalkan lambang bilangan pada siswa kelompok A TK Kartika Sari Ngemplik Wetan Karanganyar Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber dalam data penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif yang bersifat induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Implementasi penggunaan media puzzle angka dalam mengenalkan lambang bilangan pada siswa kelompok A TK Kartika Sari Ngemplik Wetan Karanganyar Demak berdasarkan konsep pembelajaran kelompok yang diberikan pendidik kepada anak didik, dari hasil kegiatan pembelajaran kelompok dengan menggunakan media puzzle angka dikelas A telah menempuh beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. Tahap perencanaan meliputi penyiapan RPPM, pembuatan RPPH serta merencanakan bahan dan alat, merancang kelompok, dan merancang langkah-langkah pelaksanaannya. Tahap pelaksanaan meliputi pra-pengembangan, pengembangan, penutup. Untuk tahap ini yang dilakukan pendidik adalah menyiapkan alat dan bahan, membagi kelompok menjadi 3 kelompok yang terdiri masing-masing dari 3-4 anak didik. Dalam kegiatan pembelajaran menggunakan media puzzle angka anak didik di bagi menjadi dua kali kelompok yaiu kelompok asal dan kelompok kedua, anak didik memiliki tugas masing-masing di kelompok kedua sebelum mengerjakan tugas utama di kelompk asal, setelah tugas pertama di kelompok kedua anak didik mengerjakan tugas utamanya dikelompok asal. Tahap evaluasi meliputi penilaian terhadap hasil belajar dan proses pembelajaran yang telah berlangsung dari awal hingga akhir. Berdasarkan nilai kognitif mampu menerapkan pembilangan dirumah, sedangkan karakter sosial emosional yang diterapkan selama pembelajaran berlangsung dihasilkan dari media puzzle angka yang dilaksanakan secara berkelompok telah menumbuhkan rasa tangungjawab, saling tolong menolong, gotong royong, saling berbagi, dan menumbuh kembangkan kepekaan sosial, menghargai pendapat sesama temannya. 2. Faktor pendukung dan penghambat. Terdapat tiga faktor pendukung yaitu: a. fasilitas yang memadai, b. Faktor guru dan teman sebaya yang selalu memotivasi agar anak selalu bersemangat. Sedangkan Faktor penghambatnya terdapat faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari tiga faktor yaitu : a. Waktu , b. anak kurang aktif dan kurang bersemangat, sedangkan faktor eksternal yaitu : pola asuh orang tua yang otoriter maupun terlalu memanjakan dan mencemaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media puzzle angka, Pengenalan lambang bilangan, Taman Kanak-Kanak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Nov 2021 01:45
Last Modified: 25 Nov 2021 01:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5990

Actions (login required)

View Item View Item