Arfianti, Kiki (2021) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Self Regulated Learning ( SRL ) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik SMK Kesuma Margoyoso. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (268kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (283kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (448kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (670kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (518kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (707kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (275kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (358kB) |
Abstract
Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik self regulated learning ( SRL )dapat meningkatkan motivasi belajar kelas XI TKJ SMK Kesuma Margoyoso, Pati dan untuk mengetahui tingkat keefektivan Bimbingan Kelompok dengan teknik self regulated learning ( SRL ) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMK Margoyoso, Pati.. Dengan metode penelitiannya eksperimen. Dan berdasarkan hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok yang diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik SRL mengalami peningkatan motivasi yang signifikan dibanding dengan kelompok yang diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. Dari hasil uji T mengunakan bantuan Software SPSS 16.0 dapat dilihat bahwa 134.93 dan kelompok kontrol dengan rata-rata 115.80. selisih perbedaan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol 19.13. kelompok eksperimen lebih besar 19.13 daripada dibandingkan dengan kelompok kontrol dengan sig tailed 0.000 dan kurang dari batas kritis penelitian yaitu 0,05. Sehingga hasil keputusan hipotesis adalah H0 ditolak dan Ha diterima, yang mempunyai arti bahwa layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik self regulated learningefektive untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMK Kesuma Margoyoso. Hal itu juga diperkuat dengan hasil uji Two Way Anova, dengan hasil 1) Pengaruh variabel independen ( Kelompok Eksperimen dan kontrol ) terhadap variabel dependent ( Hasil posttest motivasi belajar . Hasil corrected model diatas menunjukkan bahwa 0.000 < 0,05 berarti dinyatakan valid. 2) Nilai perubahan variabel dependent tanpa dipengaruhi adanya variabel dependent ( tanpa adanya pengaruh variabel independen ). Hasil Intercept diatas menunjukkan bahwa 0.000 < 0.05 berarti dinyatakan Signifikan. 3) Pengaruh kelompok Eksperimen ( SRL ) dan Kontrol( Diskusi ) terhadap hasil posttest motivasi belajar. Hasil diatas menunjukkan bahwa 0.000 < 0.05 dengan arti bahwa kelompok eksperimen ( teknik SRL ) dan kontrol ( Diskusi ) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil posttest motivasi belajar. 4) Nilai determinasi berganda variabel dependen dengan variabel independen. hasil data diatas menunjukkan nilai R Squared 0.825 dan mendekati 1. Artinya, mempunyai korelasi yang sangat kuat antara variabel dependent ( teknik SRL, Teknik Diskusi ) dengan variabel Independent ( Motivasi belajar )
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok, Self Regulated Learning ( SRL ) , Motivasi Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 03 Dec 2021 02:07 |
Last Modified: | 03 Dec 2021 02:07 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6017 |
Actions (login required)
View Item |