Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan

Nailufa, Lin Eflina (2021) Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (329kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (354kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (590kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (660kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (666kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8, BAB V.pdf

Download (376kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Tahapan yang dilakukan yaitu Analisys, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar dan bahan ajar berupa e-modul interaktif berbasis PBL pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan untuk mengetahui kevalidan kualitasnya dengan dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media serta kelayakannya dengan dilakukan uji coba. E-modul interaktif dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Flip PDF Professional yang disusun dalam bentuk perbagian. Data penelitian diperoleh dengan instrumen angket (validasi ahli, uji coba penilaian pendidik, uji coba produk skala kecil dan uji coba produk skala besar), wawancara (studi pendahuluan). E-modul interaktif subjek uji coba 40 siswa kelas VIIB MTs Mu’allimat NU Kudus. Hasil menunjukkan (1) Berdasarkan bentuk pengembangan e-modul interaktif berbasis PBL pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan terdiri dari (a) Bagian pembuka; (b) Bagian pembelajaran; (c) Bagia isi dan (d) Bagian penutup. (2) E-modul interaktif memperoleh kriteria kevalidan kualitasnya “layak digunakan” (3) Kelayakan e-modul interaktif dilakukan dengan uji coba penilaian pendidik memperoleh kriteria “layak digunakan” dan uji coba produk memperoleh rata-rata kriteria “baik”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Modul Interaktif, Problem Based Learning.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Jan 2022 07:08
Last Modified: 21 Jan 2022 07:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6526

Actions (login required)

View Item View Item