Azizah, Utami Noor (2021) Pengaruh Manajemen Kelas dan Kinerja Guru Terhadap Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri dan Swasta SeKecamatan Kota Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (864kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (961kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (349kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (477kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (872kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (849kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (556kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (367kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meguji (1) manajemen kelas berpengaruh terhadap efektifitas pembelajaran PAI (2) kinerja guru berpengaruh terhadap efektifitas pembelajaran PAI (3) manajemen kelas dan kinerja guru berpengaruh terhadap efektifitas pembelajaran PAI di SMP Negeri dan SMP Swasta se Kecamatan Kota Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan kuantitatif korelasi. Populasi penelitian ini adalah semua guru PAI di SMP se Kecamatan Kota Kudus yang berjumlah 55 guru. sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan Angket, Observasi dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisisnya adalah dengan cara menggunakan analisis Regresi linier ganda. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa 1) manajemen Manajemen Kelas Dapat Berpengaruh positif dan signifikan Terhadap Efektifitas Pembelajaran PAI di SMP Negeri dan Swasta Se Kecamatan Kota Kudus. Dibuktikan melalui hasil korelasi rxly= 0,635. Besarnya nilai R2 adalah 0,403 yang berkontribusi 40,30%, yang artinya mengandung bahwa efektifitas pembelajaran PAI yang dicapai tidak terlepas dari pengaruh variable manajemen kelas. Sedangkan nilai F hitung = 35,371 dengan tingkat sig. 0,00 < 0,05 berarti ditolak H0 dan diterima Ha. 2) Kinerja Guru dapat berpengaruh positif dan signifikan Terhadap Efektivitas Pembelajaran PAI di SMP Negeri dan Swasta Se Kecamatan Kota Kudus. Dibuktikan melalui hasil dari rxly= 0,579 dan termasuk kuat. Besarnya nilai R2 adalah 0,336 yang berkontribusi sebesar 33,6%. memiliki t-hitung sebesar 3.957 dengan arti sebesar 0,001. Nilai t-hitung bila dibandingkan dengan t-tabel, maka t-hitung lebih besar dari t-tabel (3.957 > 1,673), dan hasil dari Ho ditolak dan Ha diterima. 3) Manajemen Kelas dan Kinerja Guru secara silmutan berpengaruh positif dan silmutan Terhadap Efektivitas Pembelajaran PAI di SMP Negeri dan Swasta Se Kecamatan Kota Kudus. Hal ini diketahui r_(xly 1,2 ) sebesar 0,736, yang menunjukkan korelasi kedua variable bebas terhadap variable terikat berada pada kategori kuat. Dalam besarnya nilai R2 adalah 0,541 berarti bahwa terdapat pengaruh yang positif antara manajemen kelas dan kinerja guru terhadap pembelajaran PAI. Sedangkan nilai F hitung = 30,671dan berarti hasil dari Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kelas, Kinerja Guru, Efektifitas, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Feb 2022 03:31 |
Last Modified: | 04 Feb 2022 03:31 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6648 |
Actions (login required)
View Item |