Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii Mata Pelajaran Ips Di Mts Nu Darul Hikam Desa Kalirejo Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus

Elyawati, Elyawati (2021) Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii Mata Pelajaran Ips Di Mts Nu Darul Hikam Desa Kalirejo Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER - KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (361kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (373kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (594kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (667kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (765kB)
[img] Text
7. BAB VI.pdf

Download (845kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (480kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (582kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran online terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kategori VIII, dan seberapa besar pengaruh pembelajaran online pada siswa di Mts Nu Darul Hikam Desa Kalirejo Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus pada tahun ajaran 2020/2021 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Mts Nu Darul Hikam Desa Kalirejo Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus dengan jumlah responden 69 orang. Penelitian ini menggunakan seluruh populasi yang ada dan tidak menggunakan sampel. Untuk membuktikan hipotesis dalam penelitian ini, pengumpulan data yang digunakan adalah teknik survei angket. Uji validitas menggunakan teknik korelasi product-moment Pearson dan uji reliabilitas Cronbach Alpha dengan bantuan SPSS 20. Selain itu, untuk mengetahui hasil data yang dikumpulkan, digunakan korelasi product-moment sederhana Pearson dan regresi linier sederhana untuk perhitungan. Berdasarkan hasil penelitian lapangan tentang pengaruh pembelajaran online terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII penelitian IPS di MT. Nu Darul Hikam Kalirejo, Undaan, Kudus, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran online berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII mata pelajaran IPS MT. Nu Darul Hikam Kalirejo, Undaan, Kudus. Hal ini terlihat dari nilai Fhitung = 81,210. Sedangkan Ftabel = 2,00 nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Jika Fhitung > Ftabel dengan = 0,05 (5%) dan nilai 81,210 > 2,00 maka kriteria H0 ditolak. Artinya kontribusi variabel pembelajaran online (X) berpengaruh sebesar 54,8% terhadap motivasi belajar (Y), dan sisanya sebesar 45,2% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Sehingga dari hasil regresi linier berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar mata pelajaran IPS kategori VIII.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar, IPS
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Feb 2022 03:08
Last Modified: 09 Feb 2022 03:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6688

Actions (login required)

View Item View Item