Elyawati, Elyawati (2021) Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii Mata Pelajaran Ips Di Mts Nu Darul Hikam Desa Kalirejo Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER - KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (361kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (373kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (594kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (667kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (765kB) |
|
Text
7. BAB VI.pdf Download (845kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (480kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (582kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran online terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kategori VIII, dan seberapa besar pengaruh pembelajaran online pada siswa di Mts Nu Darul Hikam Desa Kalirejo Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus pada tahun ajaran 2020/2021 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Mts Nu Darul Hikam Desa Kalirejo Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus dengan jumlah responden 69 orang. Penelitian ini menggunakan seluruh populasi yang ada dan tidak menggunakan sampel. Untuk membuktikan hipotesis dalam penelitian ini, pengumpulan data yang digunakan adalah teknik survei angket. Uji validitas menggunakan teknik korelasi product-moment Pearson dan uji reliabilitas Cronbach Alpha dengan bantuan SPSS 20. Selain itu, untuk mengetahui hasil data yang dikumpulkan, digunakan korelasi product-moment sederhana Pearson dan regresi linier sederhana untuk perhitungan. Berdasarkan hasil penelitian lapangan tentang pengaruh pembelajaran online terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII penelitian IPS di MT. Nu Darul Hikam Kalirejo, Undaan, Kudus, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran online berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII mata pelajaran IPS MT. Nu Darul Hikam Kalirejo, Undaan, Kudus. Hal ini terlihat dari nilai Fhitung = 81,210. Sedangkan Ftabel = 2,00 nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Jika Fhitung > Ftabel dengan = 0,05 (5%) dan nilai 81,210 > 2,00 maka kriteria H0 ditolak. Artinya kontribusi variabel pembelajaran online (X) berpengaruh sebesar 54,8% terhadap motivasi belajar (Y), dan sisanya sebesar 45,2% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Sehingga dari hasil regresi linier berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar mata pelajaran IPS kategori VIII.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar, IPS |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 09 Feb 2022 03:08 |
Last Modified: | 09 Feb 2022 03:08 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6688 |
Actions (login required)
View Item |