Sari, Silfiani (2021) Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Mutakhir Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VIII di MTs NU Nurul Huda Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (375kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (282kB) |
|
Text
04. BAB 1.pdf Download (496kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (876kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (830kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (894kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (297kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (414kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui tingkat kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran mutakhir pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs NU Nurul Huda Kudus (2) Mengetahui tingkat motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs NU Nurul Huda Kudus (3) Mengetahui seberapa tinggi pengaruh kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran mutakhir terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas VIII di MTs NU Nurul Huda Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 149 siswa kelas VIII di MTs NU Nurul Huda Kudus. Teknik pengambilan sampel adalah probability sampling dengan pengambilan teknik simple random sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Serta teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran mutakhir pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs NU Nurul Huda Kudus adalah setinggi 64,49 masuk pada rentang 70,5–62 dan termasuk dalam kategori tinggi, (2) motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs NU Nurul Huda Kudus adalah setinggi 64,94 masuk pada rentang 67,75-57,5 dan termasuk dalam kategori tinggi, (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran mutakhir terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas VIII di MTs NU Nurul Huda Kudus dengan persamaan regresi Ŷ = 24,968 + 0,619X dengan kontribusi sebesar 39,6%. Kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran mutakhir memiliki hubungan yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa sebesar 0,629 dan masuk dalam klasifikasi tinggi. Berarti, kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran mutakhir memiliki pengaruh yang tinggi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas VIII di MTs NU Nurul Huda Kudus
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Guru Mengggunakan Media Pembelajaran Mutakhir, Motivasi Belajar |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 10 Feb 2022 03:21 |
Last Modified: | 10 Feb 2022 03:21 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6703 |
Actions (login required)
View Item |