Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Partisipasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Nahdlotussibyan Wonoketingal Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2020/2021

Sholihah, Viki Nurhayati (2021) Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Partisipasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Nahdlotussibyan Wonoketingal Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER-.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (559kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (548kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (594kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (758kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (760kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (927kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (568kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf

Download (589kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui metode bercerita pada mata Pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Nahdlotussibyan Wonoketingal Karangayar Demak, 2) Untuk mengetahui partisipasi peserta didik pada mata Pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Nahdlotussibyan Wonoketingal Karangayar Demak 3) Untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap partisipasi peserta didik pada mata Pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Nahdlotussibyan Wonoketingal Karanganyar Demak.Penelitian ini menggunakan jenis field research dan pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif, dan teknik angket sebagai hasil penelitian. Angket disebarkan pada reponden sebanyak 90 peserta didik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis pendahuluan, uji hipotesis, dan analisis lanjut. Dalam penelitian ini peneliti melakukan studi lapangan di MTs Nahdlotussibyan Wonoketingal Karanganyar Demak yang terfokus pada peserta didik kelas VIII. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa 1) Metode bercerita pada mata Pelajaran SKI di MTs Nahdlotussibyan Wonoketingal Karanganyar Demak termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 64,33. Kemudiannilai µo variabel X (Metode bercerita) diperoleh angka sebesar 64 yang juga termasuk dalam kategori “Baik” yang berada pada rentang interval (50-64), 2) Partisipasi belajar peserta didik kelas VIII di di MTs Nahdlotussibyan Wonoketingal Karanganyar Demak termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 30,21. Kemudiannilai µo variabel Y(Metode bercerita) diperoleh angka sebesar 30yang juga termasuk dalam kategori “Baik” yang berada pada rentang interval (26-33). 2) Terdapat hubungan antara variabel Metode bercerita terhadap partisipasi belajar peserta didik pada mata Pelajaran SKI kelas VIII di MTs Nahdlotussibyan Wonoketingal Karanganyar Demak. Hal ini terbukti dari hasil nilai koefisien korelasi sebesar 0,949 yang termasuk dalam kategori sangat kuat dan berada pada rentang interval (0,80 – 1,000)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Bercerita, Partisipasi Belajar, dan Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Mar 2022 08:01
Last Modified: 14 Mar 2022 08:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6740

Actions (login required)

View Item View Item