Dari Luring ke Daring: Mengungkap Pengalaman Guru MI Selama Proses Pembelajaran Tematik di Masa Pandemi COVID-19

Bella, Kintan Riza (2022) Dari Luring ke Daring: Mengungkap Pengalaman Guru MI Selama Proses Pembelajaran Tematik di Masa Pandemi COVID-19. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (971kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (341kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (281kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (557kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (552kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (409kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (571kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (272kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (462kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru terkait dengan perubahan model pembelajaran luring ke daring pada pembelajaran tematik di MI dan menjelaskan pengalaman guru MI selama proses pembelajaran tematik secara daring di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekaatan deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di MI NU Nahdlatus Shibyan di Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Guru memiliki pemahaman tentang pembelajaran tematik luring sebagai pembelajaran yang dilaksanakan secara langsung dengan tatap muka di dalam kelas, sedangkan pemahaman pembelajaran tematik daring sebagai pembelajaran yang dilaksanakan dari rumah yang kebanyakan dilakukan melalui aplikasi WhatsApp, 2) Selama proses pembelajaran tematik secara daring, guru memiliki berbagai pengalaman baru mulai dari persiapan pembelajaran, melaksanakan tiga kegiatan pembelajaran yang meliputi a) kegiatan awal, b) kegiatan inti c) kegiatan penutup dengan sintaks pembelajaran daring, sampai dengan mengatasi kendala-kendala yang ada pada saat proses pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengalaman guru, Pembelajaran tematik, Pembelajaran daring
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 May 2022 02:01
Last Modified: 19 May 2022 02:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7018

Actions (login required)

View Item View Item