Kulsum, Umi (2022) Efektivitas Penerapan Blended Learning Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X Di Ma Nu Darul Hikam Kalirejo Kec. Undaan Kab. Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (71kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (80kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (103kB) |
|
Text
05 BAB II OKE.pdf Download (149kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (107kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (168kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (78kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (77kB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi dari hasil wawancara dengan guru dan peserta didik kelas X MA NU Darul Hikam yang mana Efektivitas penerapan Blended Learning berbasis Problem Based Learning pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam menjadi solusi pada masa pandemi Covid-19 lebih membantu guru dan peserta didik mencapai tujuan pembelajaran. Problem Based Learning salah satu model yang dikembangkan keterampilan berpikir siswa (penalaran, komunikasi serta koneksi). MA NU Darul Hikam ini adalah salah satu sekolah yang mempunyai perhatian terhadap peningkatan pada mutu pembelajaran dan telah melaksananakan proses pembelajaran Problem Based Learning ini. Tetapi yang menjadikan permasalahannya bagaimana tentang penerapan, pelaksanaan dan efektivitasnya pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pada masa pandemi covid 19 ini. Penelitian ini bertujuan menganilisis dan mendeskripsikan terkait keefektivitasannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif, yang mana peneliti memilih guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan peserta didik X MA NU Darul Hikam sebagai informan penelitian. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengamatan kelas, dimana penentu hasil penelitian bersdasarkan pertimbangkan tertentu, pertimbangan ini berdasarkan pada tujuan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya penerapan Blended Learning berbasis problem based learning ini lebih efektif dari pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran konvensional sebelumnya. Kendala guru dalam proses pembelajaran adalah kurangnya partipasi peserta didik dalam pembelajaran yaitu kendala utamanya adalah susahnya sinyal dan lemahnya jaringan internet serta keterbatasan kuota yang menyebabkan peserta didik tidak bisa mengikuti pembelajaran daring yang dilakukan guru. Pembelajaran ini juga membantu peserta didik dan guru mencapai tujuan pembelajaran sehingga efektivitas penerapan Blended Learning berbasis Problem Based Learning pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam didapatkan hasilnya setelah melakukan wawancara bersama guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan peserta didik kelas X MA NU Darul Hikam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitias, Blended Learning, problem Based Learning (PBL) |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 31 May 2022 02:53 |
Last Modified: | 31 May 2022 02:53 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7156 |
Actions (login required)
View Item |