Izzah, Samrotul (2022) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa (Studi Komparasi siswa Boarding dan Siswa Reguler di MTs. Manba’ul Ulum Gondosari Gebog Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (136kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (225kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (360kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (517kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (309kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (513kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (70kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran discovery learning sebagai upaya dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas IX MTs. Manba’ul Ulum Gondoosari Gebog Kudus. Penelitian ini dilakukan saat peneliti melihat model pembelajaran yang kurang maksimal, pembelajaran yang monoton sehingga siswa tidak aktif, banyaknya materi IPS membuat siswa tidak semangat belajar yang berpusat pada guru dan tidak melibatkan siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Manba’ul Ulum Gondosari Gebog Kudus dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan media lingkungan sekitar terdapat langkah-langkah model pembelajaran Discovery Learning sebagai berikut : (1) Stimulation (Pemberian rangsangan) (2) Problem Statement (pengumpulan data) (3) Processing data (Pengolahan Data) (5) verification (Mengecek data kembali) (6) Generalization (Kesimpulan). Hasil penelitian ini mendorong siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran sehingga memperoleh pemahaman yang mendalam dalam belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Discovery Learning, Aktivitas Belajar, IPS |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 13 Oct 2022 02:46 |
Last Modified: | 13 Oct 2022 02:46 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7523 |
Actions (login required)
View Item |