Strategi Account Officer dalam Menyelesaikan dan Meminimalkan Pembiayaan Bermasalah dengan Persepektif Manajemen Syariah (Studi Kasus PT. BPR Syariah Artha Mas Abadi Pati)

Ulya, Abdillah (2022) Strategi Account Officer dalam Menyelesaikan dan Meminimalkan Pembiayaan Bermasalah dengan Persepektif Manajemen Syariah (Studi Kasus PT. BPR Syariah Artha Mas Abadi Pati). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (327kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (520kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (704kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (442kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (510kB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (325kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (431kB)

Abstract

BPR Syariah Artha Mas Abadi Pati merupakan lembaga keuangan yang berbasis syariah yang didalamnya untuk menghimpun dana dan menyalurkan dana kepada masyarakat yang membutuhkan. BPR Syariah Artha Mas Abadi Pati melaksanakan kegiatan operasionalnya menggunakan prinsip syariah. Dalam menyalurkan pembiayaan BPR Syariah Artha Mas Abadi Pati tidak lepas dari peran Account Officer untuk memasarkan produk-produk pembiayaan yang ditawarkan. Selain memasarkan produk pembiayaan Account Officer mempunyai tugas untuk menyelesaikan dan meminimalkan pembiayaan bermasalah yang terjadi di BPR Syariah Artha Mas Abadi Pati. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Account Officer dalam menyelesaikan dan meminimalkan pembiayaan bermasalah dengan perspektif manajemen syariah di BPR Syariah Artha Mas Abadi Pati. penelitian ini berupa penelitian Field Reseach. Field Reseach merupakan penelitian yang dilaksanakan dengan cara melakukan pengamatan secara langsung ke lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sumber data untuk pengumpulan data penelitian yaitu data primer dan data sekunder. Obyek penelitian ini adalah di BPR Syariah Artha Mas Abadi Pati. Berdasarkan hasil penelitian BPR Syariah Artha Mas Abadi Pati dalam menyelesaikan dan meminimalkan pembiayaan bermasalah berdasarkan Standard Operating Procedure (SOP) yang sudah ditentukan BPR Syariah Artha Mas Abadi Pati pada setiap bagian masing-masing termasuk Account Officer dalam menanggani nasabah dan calon nasabah yang sedang bermasalah dalam pembiayaan. Sedangkan Account Officer dalam menganalisis permohonan pembiayaan dilakukan penuh kehati-hatian dengan melakukan analisis kepada nasabah lama maupun kepada calon nasabah baru yang akan diberikan pembiayaan agar tidak terjadi pembiayaan bermasalah ketika sudah berjalan. Strategi yang dilakukan di BPR Syariah Artha Mas Abadi Pati yaitu dengan mengutaman jalur musyawarah, jika dengan jalur tersebut nasabah tidak ada respon maka akan dilakukan restrukturisasi dan jika dengan restrukturisasi masih tidak dapat menyelesaikan pembiayaan bermasalah maka akan menggunakan jalur hukum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Account Officer, Menyelesaikan dan Meminimalkan, Pembiayaan Bermasalah
Subjects: Fiqih, Hukum Islam > Mu`alamat > Bank, termasuk Baitul Mal wat Tamwil
600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Manajemen SDM
Bisnis > Manajemen > Manajemen SDM
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Oct 2022 01:41
Last Modified: 27 Oct 2022 01:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7614

Actions (login required)

View Item View Item