Nadhifah, Siti Hajarun (2022) Implementasi Metode ABA (Applied Behavior Analysis) dalam Mengendalikan Emosi Penyandang Autisme di Rumah Terapi Darul Fathonah Kudus dengan perubahan tingkah laku anak dan mengajarkan cara merespon emosi dengan benar sesuai dengan lingkungan sosial. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER BARU.pdf Download (2MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (136kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI BARU.pdf Download (83kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (230kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (366kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (151kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (444kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (88kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi diperlukannya pengendalian emosi yang baik untuk penyandang autisme dengan menggunakan metode ABA (Applied Behavior Analysis) agar tidak mengganggu kegiatan anak. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui kriteria pengendalian emosi anak autis di rumah terapi Darul Fathonah Kudus, (2) Mengetahui penerapan metode ABA dalam mengendalikan emosi anak autis di rumah terapi Darul Fathonah dan (3) Mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksaan metode ABA di rumah Terapi Darul Fathonah Kudus.Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam metode ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah (1) Kriteria pengendalian emosi anak autis diantaranya kemampuan dalam melakukan pengendalian diri yang dapat diterima secara sosial, memahami tingkat pengendalian diri yang diperlukan, mampu menilai secara kritis suatu situasi, (2) Penerapan metode ABA untuk anak autis yaitu membantu dalam pengendalian emosi untuk menumbuhkan semangat anak dalam proses belajar dan melakukan kegiatan sehari-hari. Mengenai metode ABA dilakukan dengan melatih kontak mata dan kepatuhan anak yang merupakan kunci dari pelaksanaan terapi. Kemudian pengendalian emosi anak dilakukan dengan Extiction, Timeout, Hugging. (3) faktor penghambat dan pendukung dari metode ABA diantaranya: faktor internal yaitu kemauan anak dalam melakukan proses terapi. Sedangkan faktor eksternal yaitu, ada tidaknya terapis yang profesional, dukungan dari orang tua, terapi yang dilakukan secara intens dan dana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode ABA, Pengendalian Emosi, Penyandang Autisme |
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 02:41 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 02:41 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7644 |
Actions (login required)
View Item |