Fatmawati, Nurul (2022) Pengaruh Penerapan Strategi Penugasan Dalam Metode Blended learning Terhadap Kedisiplinan Pengumpulan Tugas Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di MI Miftahul Huda Ngasem Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01.COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text
02.ABSTRAK.pdf Download (321kB) |
|
Text
03.DAFTAR ISI.pdf Download (195kB) |
|
Text
04.BAB I.pdf Download (608kB) |
|
Text
05.BAB II.pdf Download (701kB) |
|
Text
06.BAB III.pdf Download (585kB) |
|
Text
07.BAB IV.pdf Download (589kB) |
|
Text
08.BAB V.pdf Download (243kB) |
|
Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (442kB) |
Abstract
Penelitian ini mencoba meningkatkan kedisiplinan pengumpulan tugas peserta didik pada mata pelajaran Matematika dengan penerapan strategi penugasan dalam pembelajaran blended learning pada masa pandemi covid-19. Namun dalam merealisasikan pelaksanaan pembelajaran blended learning mengalami beberapa kendala oleh peserta didik, seperti kendala sinyal, kehabisan kuota, atau orangtua harus bekerja sampai malam sehingga kurang pendampingan saat mengerjakan tugas. Salah satu strategi yang difungsikan dalam meminimalisir berbagai kendala yang dihadapi yaitu dengan penerapan beberapa strategi penugasan dalam metode blended learning pada mata pelajaran Matematika. Adapun beberapa tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi penugasan metode blended learning pada mata pelajaran Matematika, untuk mengetahui kedisiplinan peserta didik dalam pembelajaran metode blended learning pada mata pelajaran Matematika, serta untuk mengetahui pengaruh penugasan dalam metode blended learning terhadap kedisiplinan pengumpulan tugas mata pelajaran Matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang difungsikan adalah pendekatan kuanitatif. Peneliti memperoleh data dari hasil penelitian melalui penyebaran angket terhadap 28 responden yang terdiri dari peserta didik kelas V MI Miftahul Huda Ngasem Jepara. Setelah semua data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan kefisien korelasi product moment, uji reliabilitas, uji asumsis klasik normalitas dan linearitas, serta uji t dan uji f. Penelitian ini mendapatkan hasil yaitu: 1) adanya penerapan strategi penugasan metode blended learning dalam pembelajaran matematika cukup baik, pendekatan emosional antara pendidik dengan peserta didik juga memudahkan penyelesaian salah satu hambatan peserta didik. 2) Kedisiplinan pengumpulan pengumpulan tugas peserta didik cukup baik, namun dengan beberapa kendala yang dihadapi peserta didik sedikit mengurangi kedisiplinan pengumpulan tugas peserta didik. 3) Adanya pengaruh penerapan strategi penugasan dalam metode blended learning terhadap kedisiplinan pengumpulan tugas peserta didik pada mata pelajaran Matematika. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikasi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai thitung sebesar 24,515. Yang mana nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 dan nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel yaitu 1,706. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi penugasan terhadap kedisiplinan pengumpulan tugas mata pelajaranmatematika kelas V di MI Miftahul Huda Ngasem Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Penugasan, Metode Blended learning, Kedisiplinan, Pembelajaran Matematika |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 24 Nov 2022 02:49 |
Last Modified: | 24 Nov 2022 02:49 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7725 |
Actions (login required)
View Item |