BAURAN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING LEMBAGA PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI MI NIHAYATURROGHIBIN DAN SDN ROGOMULYO 01 KAYEN, PATI TAHUN 2015/2016)

IZZAH, FAIQ NURUL (2016) BAURAN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING LEMBAGA PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI MI NIHAYATURROGHIBIN DAN SDN ROGOMULYO 01 KAYEN, PATI TAHUN 2015/2016). Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
FILE 1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FILE 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 6.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 7.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 8.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 9.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena MI Nihayaturroghibin dan SDN Rogomulyo 01 mempunyai banyak siswa ditengah persaingan dengan sekolah- sekolah yang berdekatan dengannya. Analisis bauran pemasaran dipilih karena unsur 7p (product, price, place, promotion, physical evidence, people, process) merupakan elemen organisasi yang bisa dibaurkan untuk mengevaluasi diri sekolah serta merupakan unsur-unsur yang langsung berhubungan dengan siswa sebagai pelanggan jasa pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk (1). Mengetahui bagaimana bauran pemasaran jasa pendidikan di MI Nihayaturroghibin dan SDN Rogomulyo 01 (٢). Mengetahui daya saing lembaga pendidikan di MI Nihayaturroghibin dan SDN Rogomulyo 01, (3) Mengetahui bauran pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan di MI Nihayaturroghibin dan SDN Rogomulyo 01. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan sumber data berupa dokumen dan hasil wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi lapangan, mencari dokumentasi dari informan terkait yakni kepala TU (tata usaha), dan bendahara sekolah. Serta wawancara kepada kepala sekolah, dan guru bagian humas. Analisis data dilakukan melalui tiga alur yaitu reduksi data, display data dan conclusion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Unsur Bauran pemasaran yang di analisis yaitu produk yang berupa program tahfdzul quran sebagai produk unggulan di MI Nihayaturroghibin dan kesenian jawa di SDN Rogomulyo 01. Penetapan harga gratis , tempat yang strategis dan mudah di akses, promosi yang dilakukan di MI Nihayaturroghibin melalui sosialisasi ke RA/TK sedangkan di SDN Rogomulyo 01 berupa perbaikan fisik. SDM sudah memenuhi standar kualifikasi akademik, guru di MI Nihayaturroghibin merupakan guru swasta sedangkan di SDN Rogomulyo 01 merupakan guru PNS. Serta Sarana fisik yang sudah memadai, dan proses (input-proses-output) yang dilakukan sesuai Standar Nasional Pendidikan. (2).Daya saing di MI Nihayaturroghibin berupa product, price, place dan promotion sedangkan di SDN Rogomulyo 01 berupa product, place dan people. (3). Kedua sekolah tersebut telah memenuhi 75% kriteria minimum pendidikan bermutu karena telah memenuhi enam dari standar nasional pendidikan, dan dua standar yang belum terpenuhi seratus persen adalah standar pendidik dan tenaga kependidikan dan standar sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran; Daya saing; MI Nihayaturroghibin; SDN Rogomulyo 01.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Mar 2017 03:57
Last Modified: 04 Mar 2017 03:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/775

Actions (login required)

View Item View Item