Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif yang Eksis Tengah Pandemi Covid-19 di Kota Kudus (Studi atas Kasus Pelaku UMKM CV. Seleksi Alam Muria Desa Colo Kab. Kudus)

Rijal, Ahmad Saiful (2022) Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif yang Eksis Tengah Pandemi Covid-19 di Kota Kudus (Studi atas Kasus Pelaku UMKM CV. Seleksi Alam Muria Desa Colo Kab. Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (648kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (305kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (277kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (360kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (534kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (337kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (876kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (317kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengenalisis strategi pengembangan bisnis UMKM pada CV Seleksi Alam Muria yang selalu eksis di tengah pandemi Covid-19 dan mendeskripsikan serta menganalisis pandangan ekonomi Islam mengenai strategi pengembangan bisnis UMKM yang dijalankan di CV Seleksi Alam Muria Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan juga sumber sekunder. Kemudian teknik pengumpulan data dengan tiga teknik yaitu wawancara semi tersturktur, observasi non partisipatif dan juga dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teori miles dan huberman yaitu reduksi data, display data dan juga verifikasi data.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya 1) Strategi pengembangan bisnis UMKM pada CV. Seleksi Alam Muria yang eksis di tengah pandemi Covid-19 dijalankan dengan upaya menciptakan brand awarness, penetapan harga dilakukan dengan berbagai pertimbangan, pemasaran dijalankan baik secara online melalui berbagai media sosial dan marketplace serta melalui pemasaran offline dengan menerima reseller dan bekerjasama dengan toko khususnya di area wisata religi, promosi juga dijalankan melalui media sosial dan dari mulut ke mulut dan perluasan agen serta reseller di seluruh Indonesia. 2) CV. Seleksi Alam Muria menjalankan bisnisnya didasarkan pada prinsip Islam dimana produknya didaftarkan di MUI untuk mendapatkan sertifikat halal dan menjamin kehalalannya, penetapan harga tidak ada kedzaliman karena sesuai mempertimbangkan kewajiban dan tanggung jawab untuk membayar hak pekerjanya, kebenaran dan kejujuran dalam menjual produk yang sesuai dengan yang dideskripsikan dan pelaksanaan promosi tidak bertentangan dengan prinsip Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bisnis, UMKM, Prinsip Islam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Dec 2022 02:55
Last Modified: 02 Dec 2022 02:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7771

Actions (login required)

View Item View Item