Pengembangan Modul Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Masjid Wali Al-Makmur Mejobo Kudus Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII Smp N 1 Mejobo Tahun Ajaran 2020/2021

Minarnik, Setiti (2022) Pengembangan Modul Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Masjid Wali Al-Makmur Mejobo Kudus Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII Smp N 1 Mejobo Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (362kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (839kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (916kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (354kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (454kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada peserta didik sebelum perlakuan (treatment) di SMP N 1 Mejobo Kudus. (2) Untuk mengetahui perbedaan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada peserta didik setelah perlakuan (treatment) yaitu kelompok eksperimen menggunakan media Etnomatematika dan kelompok kontrol menggunakan media konvensional di SMP N 1 Mejobo Kudus.(3) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berfikir kritis siswa pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberi perlakuan(treatment) di SMP N 1 Mejobo Kudus. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dasar (basic research). Pendekatan yang digunakan peneliti adalah pendekatan kuantitatif eksperimen. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode tes, metode observasi, dan metode dokumentasi. Adapun yang menjadi responden adalah peserta didik kelas VIIA SMP N 1 Mejobo Kudus sebagai kelompok eksperimen, dengan jumlah sampel 30 orang, dan peserta didik kelas VIIB di SMP N 1 Mejobo Kudus sebagai kelompok kontrol dengan jumlah sampel yang sama. Sebelum penelitian lembar observasi 15 dari variabel (X) dan lembar soal 15 dari variabel (Y) diuji oleh 3 rater. Adapun hasil dari uji validitas untuk variabel X ada 14 item soal yang valid dan 1 item soal tidak valid, sedangkan untuk variabel Y 14 item soal yang valid dan 1 item soal yang tidak valid. Maka 14 item soal variabel X dan 14 item soal variabel Y tersebut yang akan dibagikan kepada 32 responden di SMP N 1 Mejobo Kudus. Hasil uji reliabilitas untuk variabel X 0,626 > 0,60.dan variabel Y 0,631 > 0,60. Maka Kedua variabel tersebut dikatakan reliabel. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Tidak ada perbedaan antara kelompok eksperimen dan kontrol terhadap kemampuan berfikir kritis pada anak sebelum perlakuan (treatment) pada kelompok eksperimen dan kontrol dengan nilai rata-rata kelompok eksperimen yaitu 24,34 dan nilai rata-rata kelompok kontrol 24,12. Dari hasil perhitungan, t hitung lebih kecil dari t tabel 0,804 < 2,040. (2) Tidak ada perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terhadap kemampuan berfikir kritis pada anak setelah perlakuan (treatment) dengan nilai rata-rata kelompok eksperimen yaitu 25,78 dan nilai rata-rata kelompok kontrol 25,09. Dari hasil perhitungan, t hitung lebih kecil dari t tabel 1,953< 2,040. (3) Ada perbedaan pada saat sebelum dan sesudah perlakuan (treatment) pada kelompok eksperimen terhadap kemampuan berfikir kritis pada anak dengan nilai rata-rata yang meningkat yaitu dari 24,34 menjadi 25,78, kemudian juga t hitung lebih besar dari t tabel 3,973 > 2,040.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Etnomatematika (Variabel X), Kemampuan Berfikir Kritis Siswa (Variabel Y).
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Dec 2022 07:35
Last Modified: 12 Dec 2022 07:35
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7853

Actions (login required)

View Item View Item