Problematika Pengelolaan Lingkungan Belajar Outdoor Di Taman Kanak-Kanak Darul Ulum Kauman Ngembalrejobae Kudus Tahun Ajaran 2021/2022

Sangadah, Siti Ulfatus (2022) Problematika Pengelolaan Lingkungan Belajar Outdoor Di Taman Kanak-Kanak Darul Ulum Kauman Ngembalrejobae Kudus Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (824kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (213kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (230kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (470kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (246kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (761kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (256kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh data pada penelitian-penelitian terdahulu menunjukan bahwa pengelolaan lingkungan belajar outdoor masih minim dan terdapat problematika pada pengelolaan lingkungan outdoor di TK Darul Ulum Kauman Ngembalrejo Bae Kudus. Tujuan penelitian ini adalah untuk Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Problematika pengelolaan lingkungan belajar outdoor di TK Darul Ulum kauman Ngemabalrejo Bae Kudus. 2) Tantangan guru dalam pengelolaan lingkungan belajar outdoor di TK Darul Ulum Kauman Ngembalrejo Bae Kudus. 3) Langkah pendidik dalam mengevaluasi pengelolaan lingkungan belajar outdoor di TK Darul Ulum Kauman Ngembalrejo Bae Kudus.. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 informan yaitu Kepala Sekolah, guru dan wali murid. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukan 1) Problematika pengelolaan lingkungan belajar outdoor: a) Jarak antara APE outdoor satu dengan APE outdoor yang lainnya terlalu dekat, yaitu pada APE outdoor mangkuk komedi putar, jungkat jungkit dan bola dunia, ayunan kombinasi, wahana kombinasi dengan terminal mini. b) Permukaan halaman keras. 2) Tantangan guru dalam pengelolaan lingkungan belajar outdoor: a) Sulit mengkondisikan anak. b) Kurangnya komitmen guru.. 3) Langkah pendidik dalam mengevaluasi pengelolaan lingkungan belajar outdoor yaitu yaitu melakukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi dengan menggunakan penetapan standar program yaitu NSPK tahun 2014 dan permendiknas tahun 2009.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problematika, Pengelolaan Lingkungan Belajar Outdoor
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Dec 2022 02:10
Last Modified: 13 Dec 2022 02:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7872

Actions (login required)

View Item View Item