Restiana, Eka (2022) Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam pada Baitul Maal Wa Tamwil Mitra Muamalat Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (933kB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (415kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (246kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (617kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (593kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (479kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (568kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (346kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (437kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Etika Bisnis Islam pada Baitul Maal Wa Tamwil Mitra Muamalat Kudus dan untuk mengetahui bagaimana pandangan nasabah terhadap Penerapan Etika Bisnis Islam pada Baitul Maal Wa Tamwil Mitra Muamalat Kudus. Penelitian ini berupa penelitian lapangan/ field reseach. Field reseach merupakan penelitian yang dilakukan dengan cara melakukan pengamatan secara langsung ke lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa data primer berasal dari hasil wawancara dan sekunder berasal dari buku, jurnal, kajian pustaka dan dokumen BMT Mitra Muamalat Kudus. Obyek penelitian ini adalah di BMT Mitra Muamalat Kudus.Teknik pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, uji transferbilitas, ujidependabilitas dan uji konfirmabilitas. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, pengyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis di BMT Mitra Mualamat Kudus menggunakan indikator etika bisnis Islam yang terdiri dari kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggungjawab, berperilaku bersih, transparan dan profesional. Dalam kegiatan usahanya, pihak BMT Mitra Muamalat Kudus sudah terbebas dari riba, dapat menyeimbangkan antara kegiatan ekonomi dan sosialnya, memberikan kebebasan pada anggotanya dalam memilih produknya, bertanggung jawab pada anggotanya dan kejujuran yang diterapkan di karyawan BMT. Disamping itu, Pihak BMT Mitra Muamalat Kudus telah menanamkan nilai-nilai keagamaan dalam kesehariannya, berperilaku dan bertutur kata yang sopan pada anggotanya, dalam pemasarannya tidak ada unsur bohong dan sangat transparan, serta menjalin hubungan yang baik dengan anggotanya. Pandangan para nasabahnya juga menunjukan bahwa mereka sangat puas dengan pelayanan di BMT Mitra Muamalat Kudus. penerapan etika bisnis islam yang baik inilah yang membuat para nasabah loyal terhadap BMT Mitra Muamalat Kudus. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan Etika Bisnis Islam pada Baitul Mal Wa Tamwil Mitra Muamalat Kudus serta pandangan yang positif dari para nasabahnya sudah sesuai dengan Etika Bisnis Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etika Bisnis Islam, Baitul Maal Wa Tamwil |
Subjects: | Fiqih, Hukum Islam > Mu`alamat Fiqih, Hukum Islam > Mu`alamat > Bank, termasuk Baitul Mal wat Tamwil |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 03:26 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 03:26 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7923 |
Actions (login required)
View Item |